Tips Aman dan Nyaman Berpuasa Bagi Penderita Diabetes
Dewi Anggriani Siregar
26 April 2022

Bagi umat muslim, ibadah puasa merupakan salah satu ibadah wajib yang selalu disambut dengan penuh sukacita. Siapapun tentu tidak ingin melewatkan momen satu tahun sekali yang penuh makna ini.


Namun, bagaimana dengan Anda yang memiliki diabetes dan tetap ingin menjalankan ibadah puasa? Terlebih ketika bulan puasa, risiko meningkatnya gula darah lebih tinggi karena makanan saat sahur dan berbuka yang seringkali tidak dapat kita kontrol. Dikutip dari alodokter, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan bagi Anda penderita diabetes ketika akan menjalankan ibadah puasa.

Konsultasi dengan Dokter Anda

Bagi Anda penderita diabetes yang ingin menjalankan ibadah puasa, pastikan Anda telah melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda terkait kondisi memungkinkan atau tidak Anda untuk melakukan ibadah puasa. Mungkin ada beberapa hal dan penyesuaian yang perlu Anda lakukan sebelum dan selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. Pastikan penyesuaian tersebut di bawah pengawasan Dokter Anda.

Hindari Makanan Tinggi Lemak dan Karbohidrat

Saat sahur dan berbuka, Anda sebaiknya menghindari makanan yang dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat dan makanan yang mengandung karbohidrat sederhana seperti nasi dan roti tawar. Anda bisa menggantinya dengan mengonsumsi makanan yang tinggi serat, protein, serta karbohidrat kompleks.

Kurangi Aktivitas Fisik

Anda juga tidak dianjurkan untuk melakukan aktivitas fisik berat selama menjalankan ibadah puasa. Kelelahan akibat akitivitas fisik berlebihan dapat menyebabkan hipoglikemia, yakni kondisi di mana kadar gula darah berada di bawah normal.

Penuhi Asupan Cairan

Selama berpuasa, pastikan tubuh Anda selalu terhidrasi dan memiliki asupan cairan yang cukup. Kekurangan cairan akan memperburuk kondisi Anda. Namun pastikan Anda mengonsumsi air putih dan menghindari minuman-minuman manis serta kafein yang justru akan menimbulkan risiko dehidrasi.

Waspadai Gejala Gula Darah Rendah

Anda harus memperhatikan kondisi Anda ketika sedang berpuasa. Ketika mulai merasa pusing, berkeringat dan gemetar, sebaiknya Anda menghentikan puasa Anda. Sebab gejala-gelaja tersebut bisa menandakan bahwa Anda mengalami hipoglikemia.