Hati-hati, Mengkonsumsi Vitamin C Berlebihan Ternyata Dapat Berbahaya dan Menimbulkan Efek Samping
Shela Dhamayanti
28 April 2022

Vitamin C merupakan jenis vitamin yang penting untuk menjaga kekebalan tubuh. Selain berfungsi untuk metabolisme, vitamin C juga berfungsi untuk meningkatkan fungsi otak. Selain memiliki fungsi yang baik bagi tubuh, yang Anda perlu ketahui bahwa vitamin C tidak baik jika dikonsumsi secara berlebihan.


Maka dari itu, Anda harus mengetahui seberapa banyak vitamin C yang sebaiknya dikonsumsi untuk memenuhi kesehatan tubuh. Jika dosis yang diperlukan tubuh sudah tepat, Anda akan merasa beberapa manfaat di dalam tubuh.
Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan vitamin C hanya akan membebani tubuh dan menimbulkan efek negatif yang timbul dalam jangka panjang. Berikut resiko yang timbul ketika mengkonsumsi vitamin C secara berlebihan.

1. Masalah Pencernaan



Bahaya vitamin C yang berlebihan, yaitu menimbulkan gangguan sistem pencernaan. Efek samping yang akan muncul yaitu seperti diare, muntah, maag, dan asam lambung. Kondisi ini menyebabkan dehidrasi hingga menurunnya tekanan darah dalam tubuh.

2. Batu Ginjal



Vitamin C dapat menyebabkan tubuh mengeluarkan asam urat dalam urine, inilah yang dapat memicu pembentukan batu ginjal. Kelebihan vitamin C yang dikeluarkan dari tubuh sebagai oksalat atau produk limbah tubuh, oksalat dapat membentuk kristal sebagai pemicu batu ginjal.

3. Nutrisi yang Tak Seimbang

Tubuh akan sulit memproses nutrisi lain jika vitamin C yang masuk itu berlebihan. Hal ini karena fungsi tubuh mulai terganggu sehingga di dalam tubuh tidak dapat memproses nutrisi lain dengan maksimal.

BACA JUGA: Simak Tips Aman Berpuasa Bagi Penderita Maag dan Asam Lambung