Share
Hati-hati, Inilah Minuman yang Dapat Merusak Ginjal
Shela Dhamayanti
09 March 2022

Organ ginjal berfungsi untuk menyeimbangkan cairan serta menyaring zat-zat sisa untuk dikeluarkan oleh tubuh manusia. Pada proses menyeimbangkan cairan, ginjal memiliki fungsi yang sangat vital karena harus mengatur cairan apa saja yang terserap tubuh. Maka dari itu, apabila minuman yang masuk ini sembarang atau tidak sehat, ginjal akan mengalami cedera.


Tanpa disadari, Anda sering melakukan kebiasaan buruk yang dapat merusak ginjal, yaitu seperti banyak mengkonsumsi minuman yang tidak sehat. Kami merangkum empat jenis minuman apa saja yang dapat merusak fungsi ginjal. Berikut ulasannya.

1. Minuman Bersoda

Minuman bersoda mengandung banyak bahan-bahan kimia yang memberi tekanan lebih pada fungsi organ ginjal. Menurut studi dari Tehran Lipid and Glucose menemukan, bahwa orang yang mengonsumsi minuman soda memiliki risiko menderita penyakit ginjal kronis yang lebih besar.

2. Minuman Beralkohol

Mengonsumsi alkohol juga bisa menyebabkan masalah kesehatan organ lain tidak hanya ginjal. Dengan meminumnya secara berlebihan akan berdampak negatif pada fungsi ginjal yang menyebabkan gagal ginjal.

3. Kafein

Kafein terdapat dalam minuman kopi dan teh. Jika Anda terlalu berlebihan mengonsumsi minuman berkafein bisa menimbulkan penyakit ginjal kronis ditambah juga batu ginjal. Oleh karena itu Anda lebih baik mengonsumsi kafein sewajarnya saja, jangan dijadikan kebiasaan.

4. Minuman Kemasan

Minuman kemasan ini mengandung gula yang cukup tinggi, sehingga dapat merusak dan mengganggu fungsi ginjal. Orang yang rutin minum-minuman manis akan memiliki risiko penyakit ginjal, dibanding mereka yang tidak menyukai minuman manis.

BACA JUGA: 4 Jenis Jus dan Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh