Share
4 Jenis Jus dan Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh
Clara Enocensia
20 February 2022

Jus buah dan jus sayur menjadi salah satu minuman sehat yang menjadi favorit sebagian besar dari kita.


Mengonsumsi jus buah menjadi salah satu sumber makanan dengan kandungan tinggi vitamin dan mineral. Manfaat minuman sehat ini bukan hanya membantu meningkatkan kekebalan tubuh saja, tetapi juga mencegah munculnya penyakit berbahaya.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, berikut berbagai buah yang bisa diolah menjadi jus dengan kandungan nutrisi paling baik.

1. Jus Kale

Bukan hanya untuk salad, ternyata kale menjadi salah satu jenis sayuran terbaik yang bisa kamu gunakan sebagai bahan dasar pembuatan jus.

Rasa kale yang lembut dan tidak terlalu kuat membuat kale cocok untuk dipadukan denvan jenis sayuran maupun buah lain yang dapat menambah kesegaran minuman ini.

2. Jus Bayam

Bayam juga menjadi salah satu sayuran terbaik yang bisa Anda jadikan bahan dasar jus, hal ini disebabkan bayam memiliki kandungan vitamin A, C dan antioksidan. Bayam juga memiliki kandungan nitrat yang cukup tinggi sehingga bermanfaat bagi kesehatan jantung.

3. Jus cranberry

Jus cranberry menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Jus ini juga tinggi antioksidan, seperti anthocyanin, flavonol, procyanidins, juga vitamin C dan E, yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat paparan radikal bebas.

4. Buah Bit

Buah bit menjadi minuman sehat selanjutnya. Buah ini mendapatkan banyak peminat beberapa tahun terakhir karena dapat menunjang kesehatan tubuh. Sumber betalain yang merupakan pigmen warna merah tua pada bit berperan sebagai antioksidan. Antioksidan tersebut dapat menurunkan risiko penyakit jantung, peradangan, dan jenis kanker tertentu.