Share
Hari Bumi 2022: 5 Tips Kurangi Limbah Makanan Guna Atasi Climate Change
Dewi Anggriani Siregar
22 April 2022

Perubahan iklim atau climate change tidak hanya dipicu oleh terjadinya pemanasan global. Sampah organik dari sisa makanan yang terbuang juga menjadi salah satu penyumbang terbesar dalam masalah perubahan iklim.


Meskipun tergolong organik, sampah makanan menjadi salah satu limbah yang memberikan ancaman serius bagi kondisi bumi. Hal ini dikarenakan sisa makanan yang terbuang dan menjadi sampah dapat mengeluarkan gas metana rumah kaca yang berdampak pada perubahan iklim.

Oleh karena itu, sebaiknya kita mulai membiasakan untuk mengurangi sampah atau limbah makanan dengan beberapa cara berikut.

1. Belanja dengan Bijak

Anda bisa memulai langkah pengurangan limbah makanan dengan membiasakan belanja cerdas, yakni memilah mana kebutuhan makanan yang benar-benar Anda perlukan dan mana yang tidak perlu dibeli. Anda bisa membuat daftar belanjaan yang akan Anda beli sebelum melakukan grocery shopping. Belanja dalam jumlah yang kecil juga bisa menghindari terjadinya penumpukan dan pembusukan makanan.

2. Menyortir Makanan

Anda harus lebih rajin memeriksa tanggal kedaluwarsa bahan makanan Anda. Anda sebaiknya mendahulukan untuk memasak atau mengonsumsi makanan dengan tanggal kedaluwarsa yang sudah dekat sebelum Anda memutuskan untuk membeli bahan makanan yang baru. Anda juga harus pandai dalam membedakan makna dari “Expired” dan “Best Before”.

Selain itu, Anda harus lebih berhati-hati dalam membuang makanan. Jika makanan telah tertera tanggal kedaluwarsa, maka berarti makanan tersebut sudah tidak dapat digunakan. Namun apabila tertera “Best Before”, maka makanan tersebut masih aman untuk dikonsumsi sebelum dibuka.

3. Kreatif dalam Mengolah Makanan

Daripada membuang sisa makanan atau bahan makanan yang Anda punya, kenapa Anda tidak mencoba untuk mengolahnya menjadi suatu makanan yang lezat dan bisa dinikmati bahkan dijadikan lauk atau camilan. Anda bisa sekreatif mungkin berkreasi dan mengolah bahan-bahan tersebut dengan berbekal buku resep, YouTube ataupun internet.

4. Membekukan Makanan

Ini merupakan salah satu cara termudah yang dapat Anda lakukan untuk mengawetkan makanan ataupun bahan makanan Anda. Anda bisa menempatakannya pada wadah atau kantong yang tahan beku.

5. Menata Kulkas Anda

Hindari untuk menumpuk-numpuk bahan makanan Anda di kulkas. Anda bisa mulai menatanya agar lebih terorganisir sehingga bahan makanan lebih mudah terlihat dan tidak tersimpan terlalu lama. Usahakan juga untuk membersihkan kulkas Anda secara berkala agar Anda mengetahui isi bahan-bahan makanan yang ada di kulkas Anda.