Share
Harap Dicatat, Ini Efek Seharian Di Ruangan Ber-AC Yang Mempengaruhi Kesehatan
Vina Meliana
19 April 2022

Memakai AC seharian memang membuat sejuk ruangan, namun Anda perlu mengetahui dampak apa saja yang diakibatkan dari penggunaan AC.


Pemakaian air conditioner atau biasa disebut dengan AC dapat memberikan hawa yang sejuk pada ruangan, sehingga memberikan kenyamanan dalam ruangan Anda. Tidak heran, jika hampir semua orang menggunakan AC untuk membantu menyejukan dan memberikan nuansa yang dingin pada ruangannya.

Namun, Anda juga perlu memperhatikan bahwa di balik kenyamanan yang diberikan dari ruangan ber-AC yang ternyata memiliki dampak negatif pada kesehatan tubuh. Inilah tiga dampak yang akan Anda rasakan selama di ruangan AC

1. Memicu Kulit Kering

AC yang terlalu dingin dapat memicu kulit kering. Hal tersebut dipicu dari minimnya kelembapan udara yang diakibatkan dari ruangan yang dingin. Untuk meminimalisir kulit yang kering diakibatkan oleh AC, Anda bisa menggunakan body lotion yang membantu melembabkan kulit.

2. Menyebabkan Flu dan Pilek

Tidak heran jika kebanyakan orang akan flu dan pilek setelah seharian berada diruangan ber-AC. Hal tersebut diakibatkan dari ruangan yang dingin yang dapat mengiritasi saluran hidung. Selain itu, ada faktor lainnya yang menyebabkan flu dan pilek yaitu minimnya sistem kekebalan tubuh.

3. Dapat Menyebabkan Gangguan Pernafasan

Kurangnya kelembaban pada udara dapat memicu adanya gangguan pernafasan. Terutama selaput lendir akan mengering ketika berhadapan langsung dengan ruangan yang dingin karena AC. Maka dari itu, Anda perlu mengatur suhu udara dalam AC supaya tidak terlalu dingin.