Share
Halsey Buka Suara Tentang Perjuangan Melawan Penyakit Langka dalam Lagu Baru “The End”
Trisha Aulia
07 June 2024

Halsey mengungkapkan bahwa ia didiagnosis mengidap penyakit Lupus Eritematosus Sistemik dan kelainan sel T limfoproliferatif pada tahun 2022.


Kabar tersebut dibagikan Halsey melalui Instagram pada Rabu (5/6), setelah sebelumnya ia menyentil masalah kesehatan serius yang dialaminya di lagu "The End" yang merupakan single pertama dari album barunya yang akan datang.

"Terima kasih banyak atas limpahan cinta yang luar biasa untuk 'The End' dan dukungan yang kalian berikan kepada saya sejak lagu tersebut dirilis," tulis Halsey. "Saya menyadari semua orang baru mengetahui berita yang sudah lama saya simpan, dan saya awalnya ragu untuk membagikannya. Kalian semua sangat baik, jadi saya ingin berbagi sedikit lebih banyak."

"Pada tahun 2022, saya didiagnosis dengan Lupus SLE dan kemudian kelainan limfoproliferatif sel T yang langka. Keduanya saat ini terkendali atau dalam remisi; dan kemungkinan akan saya derita seumur hidup," lanjut Halsey.

Lupus adalah penyakit autoimun di mana sistem kekebalan tubuh keliru mengenali jaringan sehat sebagai benda asing dan menyerang mereka alih-alih menyerang bakteri dan virus jahat. Penyakit ini menyebabkan peradangan yang dapat mempengaruhi sendi, kulit, ginjal, sel darah, otak, jantung, dan paru-paru. Hingga saat ini belum ada obat untuk Lupus.

Gangguan limfoproliferatif adalah sekelompok penyakit yang ditandai dengan produksi sel darah putih yang tidak terkendali. Beberapa contoh gangguan sel T termasuk leukemia dan limfoma.

Halsey menjelaskan bahwa meskipun mengalami masa awal yang berat karena proses pengobatan yang sulit, ia perlahan-lahan bisa mengendalikan kesehatannya dengan bantuan dokter.

"Setelah 2 tahun, saya merasa lebih baik dan lebih bersyukur dari sebelumnya karena memiliki musik sebagai penopang," tulis Halsey. "Saya tidak sabar untuk kembali ke tempat saya seharusnya: Bersama kalian semua, bernyanyi dan meluapkan perasaan saya."

Sebelumnya, pada Selasa (4/6), Halsey merilis "The End". Ia membagikan rangkaian foto dan video di Instagram yang memperlihatkan dirinya sedang menjalani perawatan medis dan rekaman lagu.

Keterangan unggahan tersebut berbunyi, "Singkat cerita, saya beruntung bisa hidup. Panjang cerita, saya menulis sebuah album. Album ini dimulai dengan The End. Dirilis sekarang."

Menurut kabar, Halsey akan menyumbangkan hasil penjualan "The End" ke The Leukemia & Lymphoma Society serta Lupus Research Alliance.

Anda bisa mendengarkan kisah Halsey dalam lagu terbarunya yang bertajuk "The End" dalam video di bawah ini.