Halloween 2020: 9 Rekomendasi Film Horror Terseram yang Patut Ditonton

Art & Culture08 October 2020

By Rizka Putri Sonia

Halloween 2020: 9 Rekomendasi Film Horror Terseram yang Patut Ditonton

Menjelang halloween, berikut adalah sederet film horror yang wajib masuk daftar tontonan Anda.


Perayaan halloween pada 30 Oktober mendatang yang biasanya dilakukan dengan meminta dan membagikan permen ke rumah-rumah, mengadakan pesta dengan busana dan riasan seram, serta bermain board game bersama kerabat perlu diurungkan untuk tahun ini.

Meski mungkin hanya dapat dirayakan di rumah bersama keluarga, menonton film horror bersama menjadi salah satu pilihan yang mungkin dapat Anda pertimbangkan.

Untuk menemani malam halloween Anda, berikut adalah rekomendasi film horror yang patut ditonton:

1. Lights Out (2016)

Mencari film dengan banyak jumpscare di dalamnya? Maka, Lights Out patut Anda pertimbangkan sebagai opsi pertama dalam daftar tontonan. Film ini mengisahkan tentang Rebecca (Teresa Palmer) dan adiknya Martin (Gabriel Bateman) yang dihantui oleh sosok hitam di rumahnya. Sosok menyeramkan tersebut selalu muncul ketika lampu mati. Namun, sang ibu, Sophie (Maria Bello) justru menganggap sosok tersebut sebagai teman yang kemudian diberi nama Diana dan meminta keluarganya untuk menerima kehadiran Diana. Namun, semakin lama justru Diana semakin membahayakan nyawa keluarga Sophie.

2. Winchester (2018)

Film ini diangkat dari kisah nyata akan rumah keluarga Winchester yang dikenal sangat angker dan berhantu. Kisahnya berfokus pada Sarah Winchester (Helen Mirren) yang mendapatkan warisan berupa perusahaan senapan ternama bernilai 20 juta dolar dari suaminya yang meninggal secara tiba-tiba. Selama bertahun-tahun, Sarah selalu membangun sebuah mansion tiada henti. Khawatir akan kewarasannya yang terganggu, perusahaan Winchester pun menyewa seorang dokter kejiwaan Eric Price (Jason Clarke) untuk mengevaluasi kesehatan mental Sarah. Sejak itulah, Eric mulai mengetahui hal-hal di balik perusahaan dan rumah besar Winchester.

3. Gonjiam (2018)

Satu lagi film horror yang diangkat dari kisah nyata. Lima anak muda yang senang berpetualang ke dunia gaib memilih Gonjiam sebagai tempat ekspedisi mereka selanjutnya. Gonjiam merupakan rumah sakit jiwa kosong yang terkenal angker di Korea Selatan, bahkan menjadi 1 dari 7 tempat paling menyeramkan di dunia. Tak hanya menghampiri tempatnya, mereka kerap berkomunikasi dan mendokumentasikan perjalanan paranormal mereka untuk diunggah ke platform daring. Dalam perjalanan mereka ke Gonjiam kali ini, mereka siarkan secara live streaming. Namun, tanpa disangka, ekspedisi mereka justru berakhir dengan terenggutnya nyawa satu per satu dari mereka.

4. Unfriended: Dark Web (2018)

Kisah ini dimulai dari Matias O'Brien (Colin Woodell) yang membawa pulang sebuah laptop dari tempat penitipan barang hilang. Matias kemudian mencoba untuk mencari identitas sang pemilik laptop seraya menghubungkan video call dengan teman-temannya. Saat tengah mencari, ia justru mendapat pesan dari seseorang bernama Erica untuk mengembalikan laptop tersebut ke asalnya. Namun, Matias dan kawan-kawannya kemudian menyadari bahwa laptop tersebut terhubung dengan situs dark web.

BACA JUGA: Daftar Serial Netflix yang Seharusnya Tidak Pernah Anda Lewatkan

5. Ouija: Origin of Evil (2016)

Film ini mengambil latar waktu tahun 1967 di Los Angeles. Kisahnya berawal dari Alice Zander (Elizabeth Raser) yang membeli papan permainan Ouija demi kelancaran bisnisnya. Sejak mulai memainkan papan itu, Alice kemudian sadar bahwa ada roh yang mendiami putrinya dan bersuara melalui Doris (Lulu Wilson), putri dari Alice. Alice pertama mengira bahwa roh tersebut adalah roh dari mendiang suaminya yang kemudian membantu bisnis keluarga mereka menjadi lancar. Namun, keanehan mulai terjadi ketika lama kelamaan roh dalam tubuh Doris mulai menyiksa keluarga dan orang-orang lain yang memasuki rumah mereka.

6. Friend Request (2016)

Awal mula kisahnya berasal dari Laura (Alycia Debnam) yang menerima permintaan teman Marina Hills (Liesl Ahlers) di Facebooknya. Berbeda dari Laura yang menjadi orang populer di kampus, Marina justru tak memiliki satu orang pun teman. Bahkan, Laura menjadi satu-satunya orang yang berada dalam friend list Marina di Facebook. Sejak saat itu, Marina kerap menghampiri dan menghubungi Laura. Laura yang merasa risih pun kemudian membohongi Marina dengan tidak mengundangnya pada pesta ulang tahun. Satu kebohongan tersebut kemudian mengakibatkan pertengkaran hingga bunuh dirinya Marina di keesokan hari. Sejak saat itu, satu per satu teman Laura terbunuh secara misterius.

7. Us (2019)

Us bercerita tentang teror yang menyerang keluarga Wilson ketika mereka tengah berlibur. Kisah dimulai dari munculnya kembali trauma Adelaide Wilson (Lupita Nyong'o) terhadap trauma masa kecilnya saat bertemu doppelganger. Awalnya, sang suami Gabe Wilson (Wiston Duke) berniat baik untuk mengajak Adelaide berlibur guna menghilangkan stres. Namun, liburan tersebut justru berakhir petaka dengan hadirnya teror dari para doppelganger mereka yang tak hanya menyerang keluarga Wilson, namun seluruh orang di tempat mereka berlibur.

8. Escape Room (2019)

Penyuka permainan escape room seharusnya menyukai film horror yang satu ini. Escape Room menceritakan tentang 6 orang dengan latar dan profesi yang diundang untuk bermain di Minos Escape Room dengan iming-iming hadiah 10 juta dolar bagi pemenangnya. Di setiap ruangan yang mereka lalui, mereka harus memecahkan teka-teki yang ternyata berkaitan dengan latar belakang masing-masing dari mereka. Namun, misi dari tiap ruangan yang dilalui perlahan justru merenggut nyawa para pemain satu per satu hingga akhirnya mereka sadar bahwa adanya Game Master yang membuat permainan tersebut sesuai dengan latar belakang mereka.