Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Greysia Polii Resmi Pensiun dari Badminton Setelah Laga Pamungkasnya di Istora Senayan

Profile12 June 2022

By Novita Angelina

Greysia Polii Resmi Pensiun dari Badminton Setelah Laga Pamungkasnya di Istora Senayan

Greysia Polii secara resmi gantung raket sebagai pebulutangkis dan berpamitan kepada para penggemarnya setelah bermain dalam laga pamungkas pada sebuah acara bertajuk 'Testimonial Day Greysia Polii'.


Atlet bulutangkis penyumbang medali emas Olimpiade Tokyo 2020, Greysia Polii mengucapkan salam perpisahan kepada para penggemarnya yang hadir pada pertandingan perpisahannya yang diadakan di Istora Senayan Jakarta pada tanggal 12 Juni 2022. Suasana haru tidak terbendung ketika ia melihat video perjalanan karirnya dari usia lima tahun hingga saat ini ia berusia 35 tahun dan akhirnya memutuskan untuk pensiun setelah 30 tahun berkarya di dunia bulutangkis. Perjuangan yang tentu tidaklah mudah dalam jangka waktu tersebut.

Ia juga menceritakan berbagai kenangan bagaimana ia harus berjuang di setiap pertandingan yang ia lalui, tidak hanya pada saat ia menang maupun kalah. Greysia tidak kuasa menahan air mata ketika ia melakukan prosesi victory lap, dengan membawa bendera Indonesia di punggungnya sambil melambaikan tangan pada penggemar, bersalaman dengan para kawan dan lawannya di lapangan, hingga berpelukan dengan orang-orang tersayang.

“Mungkin saya saat ini akan berhenti sebagai atlet, tapi hati saya akan selalu mencintai bulu tangkis. Saya berdoa buat generasi baru ini akan mencatat kemenangan serta prestasi yang lebih besar lagi bagi bangsa Indonesia,” ucapnya di acara perpisahannya tersebut.

Ia juga tidak lupa membagikan momen tak terlupakan bersama partner terakhirnya, Apriyani Rahayu yang telah berjuang bersamanya selama lima tahun. “Dia (Apri) mau aja dikomentari sama saya, dia mau aja nurut sama saya. Saya juga bingung. Tapi terima kasih karena dia menginspirasi saya untuk berlatih di usia yang sudah tidak muda. Lima tahun ini adalah lima tahun yang berharga buat saya. I love you, Sis,” ungkapnya.

Di laga eksibisi tersebut, Greysia bersama bertanding bersama beberapa pemain bulutangkis lainnya. Pada pertandingan pertama, ia berpasangan dengan Anthony Sinisuka Ginting, dan Wang Chi-Lin di tim A bermain melawan Hendra Setiawan, Tai Tzu Ying, dan Jonatan Christie di tim B dalam pertandingan tiga lawan tiga yang berhasil dimenangkan oleh tim A dengan poin 11-8. Pada pertandingan kedua, Greysia Polii yang berpasangan Yuta Watanabe pada tim A kembali meraih kemenangan setelah melawan tim B yaitu Wang Yilyu dan Popor Sapsiree.

Pada pertandingan terakhir, pemain yang kerap disebut sebagai duta persahabatan badminton ini kembali bermain dengan format empat lawan empat. Greysia masuk di tim A, bermain dengan Jongkolphan Kititharakul, Shin Seung Chan, Thinaah Muralitharan melawan tim B yang beranggotakan Gabriela Stoeva, Ashwini Ponnappa, Misaki Matsutomo, Huang Dongping. Hasilnya, tim Greysia Menang 7-5. Yang menariknya, poin yang diraih oleh kedua tim pada pertandingan ini akan dikalikan tiga juta Rupiah yang hasil totalnya akan disumbangkan untuk amal atau charity. Total dana yang terkumpul dari tim A yaitu 87 juta Rupiah dan tim B 69 juta Rupiah.

Selain pertandingan persahabatan antar pemain badminton lainnya, para penonton yang hadir juga dihibur dengan penampilan penyanyi wanita Indonesia Raisa yang membawakan tiga buah lagu sebagai pembuka acara. Acaranya sendiri dipandu oleh Valentino Simanjuntak dan Donna Agnesia.