Share
Film Komedi ‘Srimulat: Hil yang Mustahal’ Sukses Membawa Penonton ke Era 80-an
Novita Angelina
28 May 2022

Film komedi garapan MNC Pictures dan IDN Pictures, Srimulat: Hil yang Mustahal seakan membawa penonton kembali ke era 80-an.


Sutradara Fajar Nugros kembali patut mendapatkan apresiasi karena film komedi besutannya kali ini sukses mengocok perut para penontonnya. Film komedi berjudul Srimulat: Hil yang Mustahal ini menceritakan bagaimana perjuangan grup lawak asal Jawa Tengah dapat beradaptasi dan berjuang mewujudkan mimpinya untuk dapat sukses di Ibu Kota Jakarta. Di film itu diceritakan bagaimana grup Srimulat mendapat kepercayaan untuk tampil di depan Presiden Soeharto dan disiarkan di TVRI yang saat itu merupakan satu-satunya televisi nasional.

Karena mengambil latar tahun 80-an, maka Anda akan dapat melihat warna film, pengambilan gambar, scoring yang mendukung latar tahun tersebut. Para crew film juga memperhatikan setiap pemilihan detail properti film, seperti properti bangunan lawas, gaya berpakaian setiap karakternya, uang jadul, televisi tabung, sepeda hingga penggunaan telegram yang menjadi alat komunikasi di masa itu. Mereka tidak lupa memasukkan unsur komedi slapstick sebagai ciri khas komedi era lawas, seperti lawakan gelas yang diarahkan ke mata bukan mulut, duduk yang selalu merosot, dan beberapa adegan lucu lainnya.

Film yang ditayangkan sejak 19 Mei 2022 ini juga memilih beberapa pemain baru serta pemain lama, seperti Bio One yang memerankan tokoh Gepeng atau Aris, Elang El Gibran yang berperan sebagai Basuki, Dimas Anggara yang memerankan tokoh Timbul, Ibnu Jamil sebagai Tarzan, Teuku Rifnu Wikana sebagai Asmuni, Zulfa Maharani sebagai Nunung, Erica Carl sebagai Djujuk, serta beberapa nama lainnya. Walaupun sebagian besar dari mereka bukanlah pelawak, namun mereka berhasil membawakan karakter setiap personel Srimulat serta tidak jarang melontarkan berbagai lelucon yang sangat menghibur.

Melalui film ini, sang sutradara bersama crew lainnya berusaha memperkenalkan generasi muda Indonesia akan grup lawak legendaris Srimulat yang terkenal di era 80 hingga 90-an tersebut. Dan tidak hanya lucu, film Srimulat ini juga memiliki berbagai pesan kehidupan untuk memotivasi penontonnya untuk menjadi lebih baik lagi.