Share
Film Barbie Garapan Greta Gerwig Pecahkan Rekor Box Office untuk Sutradara Perempuan
Dewi Anggriani Siregar
26 July 2023

Sutradara Film Barbie, Greta Gerwig, berhasil memecahkan rekor akhir pekan pembukaan film untuk sutradara perempuan.


Setelah beberapa hari beredar dan ramai diperbincangkan, Film yang menampilkan karakter ikonis dari Barbie dan Ken tersebut berhasil mencuri perhatian dan meraih berbagai respon positif. Film yang digarap berdasarkan skenario Gerwig & seorang Oscar-nominee, Noah Baumbach, itu sukses mendapat 155 juta dolar AS pada pekan pembuka penayangannya di bioskop. Hal itu mengantarkan Greta Gerwig sebagai sutradara perempuan dengan pendapatan pembuka terbesar.

Angka tersebut bahkan mengalahkan Film Captain Marvel kaeya Anna Boden dan Ryan Fleck dengan 153 juta dolar AS di tahun 2019, serta Wonder Woman karya Patty Jenkins dengan posisi ketiga dengan 103 juta dolar AS di tahun 2017 silm. Berkat keberhasilannya itu, Barbie juga memecahkan rekor box office lain yakni sebagai film dengan pendapatan pembuka terbesar sepanjang tahun 2023 mengalahkan The Mario Bros Movie yang saat itu meraup pendapatan sebesar 146 juta dolar AS.

GRETA GERWIG

Film yang dirilis pada 21 Juli lalu ini bahkan berhasil melampaui film pesaingnya, “Oppenheimer” yang tayang berbarengan dan menjadi perbincangan beberapa waktu lalu lantaran fenomena “Berbenheimer”. Pencapaian pendapatan box office ini tentu menjadi prestasi bersejarah bagi sang sutradara, Greta Gerwig, yang mampu membutikan karyanya sebagai seorang sutradara wanita dengan karya yang luar biasa.

BACA JUGA: Margot Robbie Tampil Vintage Kenakan Gaun Hitam Tahun 1960 di Premier Film Barbie