Share
Fakta Unik Bunga Marigold yang Ternyata Banyak Manfaatnya untuk Kulit!
Listya Manopo
22 April 2021

Selain berpenampilan cerah, bunga Marigold juga memiliki banyak khasiat untuk mencerahkan kulit. Ingin mencobanya?


Pemakaian berbagai jenis bunga untuk produk kecantikan, memang sudah bukan hal asing lagi. Sejak lama, kita sudah merasa familiar dengan produk kecantikan yang misalnya menggunakan bunga mawar, melati, tulip sebagai salah satu bahan kandungan alami di dalamnya.

Sekarang sudah ada juga produk kecantikan, tepatnya skincare yang memanfaatkan jenis bunga lainnya selain yang sudah populer. Ialah Marigold, atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan bunga randa kencana, yaitu bunga yang punya tampilan cerah berwarna kuning dan oranye.

Secara ilmiah, diungkapkan oleh dermatologist atau dokter spesialis kulit, ekstrak bunga Marigold memang memiliki sederet manfaat yang sangat berguna untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Maka wajar banyak dimasukkan sebagai salah satu kandungan bahan produk kecantikan, contohnya pelembab kulit.

Ekstrak bunga Marigold itu memang sudah terbukti dalam publikasi ilmiah bahwa ia memiliki kandungan anti-oksidan, anti-inflamasi dan juga bisa meningkatkan sistem imunitas di kulit kita, sehingga kulit kita lebih tahan terhadap infeksi bakteri, infeksi virus, dan infeksi jamur. Oleh karena itu, Marigold ini banyak digunakan untuk campuran pelembap.

Tidak hanya hadir dengan begitu banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Keunggulan ekstrak bunga Marigold ini juga aman untuk dipakai oleh anak- anak. Anak-anak sendiri memiliki karakter kulitnya lebih tipis dan sensitif. Itulah mengapa bunga Marigold banyak digunakan pada produk perawatan kulit untuk bayi dan anak- anak.

BACA JUGA: 5 Khasiat Serta Manfaat Timun untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Lebih lanjut, dermatologist mengatakan bahwa ekstrak bunga Marigold aman karena memang diformulasikan khusus untuk skincare. Namun, kandungannya juga bisa bermanfaat sebagai antiinflamasi.

Jadi kalau anda punya masalah eksim, atau iritasi kulit, dari ekstrak bunga ini akan lebih cepat reda meredakan masalah tersebut. Maka dari itu, bahan dari bunga Marigold ini sering dicampur ke pelembap atau krim-krim yang dipakai untuk bayi yang terkena dermatitis misalnya.