Share
Selain Loukumades, Inilah Enam Hidangan Khas dari Yunani
Adelia Ayu
19 October 2020

Kaya akan sejarah dan eksotisme Laut Mediterania, Sang Negeri Dewa-Dewi memiliki hidangan kuliner dengan kualitas terbaik di dunia selain Loukumades yang cocok dinikmati dengan segelas Ouzo.


Dihiasi dengan hamparan laut biru yang berkilau dan dataran hijau, Yunani terkenal dengan kuliner eksotis yang terbuat dari sejumlah bahan berkualitas. Menonjolkan perpaduan rasa yang pas antara segar, asam dan asin, berikut kuliner Yunani rekomendais HighEnd yang cocok dijadikan teman bersantap siang atau malam Anda

[FOTO: GREECE 1.jpg]

1. Moussaka

Lasagna tanpa pasta, itulah istilah umum yang digunakan untuk menjelaskan Moussaka. Terdiri dari lapisan terung ungu, daging cincang, saus krim dan bumbu kering, hidangan ini memiliki rasa asam dan gurih yang menyegarkan. Selain di Yunani, Moussaka dapat ditemui di seluruh bagian negara yang terletak di sepanjang Laut mediterania dan dataran Balkan.

2. Greek Salad (Choriatiki Salata)

Hidangan pembuka satu ini dapat Anda jumpai di seluruh kota besar hingga pelosok Yunani. Terdiri dari bahan-bahan sederhana seperti tomat iris, potongan mentimun dan bawang merah besar, buah zaitun, keju Feta yang disiram dengan dressing minyak zaitun dan oregano, Salad Yunani memiliki rasa yang berbeda dengan salad khas Negara Eropa lainnya dengan citarasa segar dan unik.

???????? Greek Salad, Tzatziki, Pitta ???????? ————————————————— Today we headed to Porto Timoni to the famous ‘double beach’. It was a bloody long walk down, and an even bloody longer walk back up again, but boy was it worth it! Also, at the top, you have this very lovely taverna @zeus_throne for a bite to eat and wait for your heart rate to return to normal! I didn’t go for anything too crazy, just a traditional Greek salad, which was the best one I have had yet, and then some garlic tzatziki with their home made pitta. And of course, another spectacular view to take in whilst stuffing your face! A perfect little snack before heading back towards our side of the island in search of some octopus for dinner! ————————————————— #greeksalad #feta #tzatziki #pitta #greekfood #corfu #portotimoni #instafood #foodporn #instagood #thehungrylatino #food #instafoodie #foodstagram #foodie #foodblogger #foodphotography #travel #travelforfood #foodgasm #foodlover #forkyeah #londonfood #londonfoodie #londonfoodblogger #whatsfordinner #thefeedfeed #f52grams

Sebuah kiriman dibagikan oleh The Hungry Latino (@thehungrylatino) pada

3. Spanakopita

Hampir sama dengan Quiche, Spanakopita memiliki lapisan kulit yang lebih lembut dan mudah rapuh. Memiliki isian bahan-bahan yang mudah didapat seperti bayam dan keju Feta serta cara pebuatan yang mudah, pie satu ini cocok dijadikan bekal piknik maupun snack ringan teman minum kopi di sore hari.

4. Keftedes

Hidangan satu ini cocok bagi penyuka Bakso maupun Swedish Meatballs. Bola-bola daging berukuran sedang ini menjadi menu wajib di pesta anak-anak Yunani. Berbeda dengan hidangan bola daging lainnya, Keftedes tidak disajikan dengan saus tomat maupun krim bergaya Italia dan Skandinavia.

K?br?s Patates Köftesi (Cypriot Potato & Beef Mince Fried Köfte). I’ve had a completely Meat-Free week this week, for no other reason other than choice, but I cooked up some of these babies for a dinner party last Friday night. Sometimes I make them into balls, sometimes cone-shaped but my mum taught me that the trick is to not fry them on too high a heat otherwise the outside browns and hardens too quickly and the grated potato and meat inside doesn’t have the right consistency. They are so moreish. I also add a little spice (some do, some don’t)- can you guess which spice it is? I’ll be sharing it on a little video later on... - - - #köfte #keftedes #cypriotfood #cypriotcuisine #turkishbread #midweekdinner #turkishcooking #turkishfood #turkishcuisine #k?br?s #familyfood #cyprus #foodprnshare #familydinner #cypriotfood #türkyemekleri #turkishfood #arabicfood #eat #cook #middleeasternfood #foodinspo #foodie #foodblogger #f52grams #meze #feedfeed #melizcooks

Sebuah kiriman dibagikan oleh Meliz Berg (@melizcooks) pada

5. Souvlaki

Kebab khas yunani satu ini mirip dengan makanan khas yunani lainnya, Gyros. Souvlaki terdiri dari potongan daging ayam atau domba yang ditusuk seperti sate dan dipanggang di atas api. Biasanya, Souvlaki dihidangkan bersama Roti Pita dan dressing khas Yunani, Tzatziki.

6. Loukumades

Dessert khas Yunani yang sedang naik daun ini memiliki aroma yang khas dan rasa yang manis. Donat tradisional bertekstur lembut yang dilumuri dengan madu dan bubuk kayumanis dapat ditemui di pinggir jalan maupun restoran bintang lima.