Share
Drummer Foo Fighters, Taylor Hawkins Meninggal Dunia Pada Usia 50
Novita Angelina
26 March 2022

Drummer Foo Fighters, Taylor Hawkins ditemukan meninggal dunia di kamar hotel, sesaat sebelum konser Foo Fighters di Bogota, Colombia. Konser ini merupakan bagian dari rangkaian tur Foo Fighters di Amerika Selatan.


Hari ini publik dikejutkan dengan berita meninggalnya drummer Foo Fighters, Taylor Hawkins pada usia 50 tahun secara mendadak. Hingga saat ini belum diketahui penyebab kematiannya. Pihak berwenang di Kolombia pun belum memberikan penjelasan mengenai kematian Hawkins tersebut. Musisi ini meninggalkan seorang istri, Alison dan tiga orang anak.

Band Foo Fighters sendiri mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat waktu setempat melalui akun Twitter resmi mereka bahwa kematian Hawkins merupakan sebuah kehilangan yang tragis dan bukan di waktu yang tepat. Semangat musik dan tawanya yang menular akan hidup bersama kita semua selamanya. Hati mereka tertuju pada istri, anak-anak, dan keluarganya.

Sebelumnya Foo Fighters telah dijadwalkan untuk bermain di sebuah festival di Bogota, Kolombia, pada Jumat malam. Tur terakhir mereka rencananya diadakan hari Minggu di festival lain di San Isidro, Argentina.

Musisi dengan nama lengkap Oliver Taylor Hawkins ini lahir di Fort Worth, Texas, pada tahun 1972. Ia kemudian dibesarkan di Laguna Beach, California. Pada awal karir musiknya, dia bermain untuk sebuah band kecil di California Selatan bernama Sylvia sebelum akhirnya mendapatkan pertunjukan besar perdananya sebagai seorang drummer untuk penyanyi Kanada Sass Jordan.

Diketahui Hawkin sendiri sudah bergabung bersama Foo Fighters selama lebih dari 25 tahun. Sebelum bergabung dengan Foo Fighters, Hawkins merupakan seorang drummer tur Alanis Morissette. Dia dan Grohl, sang vokalis Foo Fighters bertemu di belakang panggung di sebuah pertunjukan ketika Hawkins masih bersama Morissette. Hawkins yang merupakan penggemar berat Foo Fighters pada saat itu langsung menerima tawaran Grohl untuk bergabung bersama bandnya.

Band Foo Fighters dibentuk oleh Dave Grohl pada tahun 1994 setelah grup sebelumnya, Nirvana dibubarkan vokalis mereka Kurt Cobain bunuh diri. Jika sebelumnya Grohl bermain drum untuk Nirvana, di Foo Fighters dia berubah posisi menjadi vokalis utama dan gitar. Oleh karena itu, Hawkins mendapat tugas yang cukup berat untuk bermain drum dalam grup tersebut.

Pada suatu kesempatan Hawkins pernah menceritakan kepada media di tahun 2019 bahwa permainan drumnya mendapatkan pengaruh dari musisi besar seperti Stewart Copeland dari The Police, Roger Taylor dari Queen, serta Phil Collins. Ia bahkan mengakui bahwa Phil Collins merupakan salah satu drummer favoritnya.

Tidak hanya para penggemar yang berduka atas rasa kehilangan salah satu drummer legendaris ini, beberapa musisi dunia lainnya juga ikut membagikan rasa duka cita mereka melalui postingan Twitter maupun Instagram pribadi mereka.