Share
Disambut Hangat dan Penuh Sukacita, Paus Fransiskus Akhirnya Tiba di Indonesia!
Dewi Anggriani Siregar
03 September 2024

Pemimpin tertinggi Gereja Katolik sedunia, Paus Fransiskus, akhirnya tiba di Indonesia pada Selasa, 3 September 2024.


Paus Fransiskus mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, sekitar pukul 11.25 WIB dengan menggunakan pesawat komersial Alitalia. Sesaat setelah tiba, Paus Fransiskus menerima sambutan kenegaraan yang penuh kehormatan. Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, berada tepat di bawah tangga pesawat untuk menyambut beliau.

PAUS FRANSISKUS

Selain itu, beberapa tokoh penting seperti Dewan Pertimbangan Presiden, Gandi Sulistiyanto; Duta Besar Indonesia untuk Takhta Suci, Michael Trias Kuncahyono; Uskup Agung Jakarta, Kardinal Ignatius Suharyo; serta Ketua Konferensi Waligereja Indonesia, Antonius Subiyanto Bunyamin, turut hadir dalam acara tersebut.

Dalam prosesi penyambutan, Paus Fransiskus menerima rangkaian bunga khusus bernama "Bhineka Tunggal Ika," yang diserahkan oleh dua anak Indonesia. Rangkaian bunga ini, terdiri dari daun beringin, padi, dan kapas, melambangkan nilai-nilai kebhinekaan dan semangat persatuan yang terkandung dalam Pancasila—sejalan dengan pesan Paus Fransiskus yang mengusung tema iman, persaudaraan, dan kasih sayang.