Disain Tas dan Jahit di Tempat, Hanya di Toko Ini!

Design03 November 2020

By Annisa Laksmintari

Disain Tas dan Jahit di Tempat, Hanya di Toko Ini!

Pada kondisi ekonomi yang tak menentu ini, brand-brand berlomba-lomba untuk menyuguhkan pengalaman berbelanja yang menarik untuk para calon pembelinya. Tak terkecuali juga brand Freitag, dengan produk khasnya dari terpal, yang menghadirkan pengalaman untuk disain tas sesuai selera, lalu jahit di tempat.


Label asal Swiss, Freitag, telah mendirikan sebuah ‘micro-factory’ di Zurich, dimana pelanggan dapat memilih disain totebag sendiri dari bahan terpal berbagai warna, lalu melihat seorang teknisi menjahitnya sehingga menjadi tas. Dinamakan Sweat-Yourself-Shop, toko retail interaktif ini diharapkan menjadi pengalaman retail yang unik bagi pelanggannya.

“Di toko kami yang baru, pelanggan dapat menyusun bagian tasnya sesuai selera, lalu ikut terlibat dalam langkah-langkah produksi terakhir, “ kata pihak Freitag. Freitag, yang berdiri sejak 1993, terkenal dengan tas praktis yang terbuat dari terpal daur ulang. Terpal sisa produksi dari perusahaan truck di Eropa dibersihkan, dipotong, dan dijadikan bahan untuk tas. Bahan ini kuat dan tahan air.

Di dalam toko Sweat-Yourself-Shop, potongan-potongan terpal dijepit ke gantungan yang dikaitkan pada conveyor belt pada langit-langit toko. Dengan sebuah tombol, conveyor belt dapat digerakkan sehingga memperlihatkan opsi-opsi warna lainnya. Pelanggan dapat memilih warna untuk bagian utama tas dan kantong luar, lalu melihat teknisi memotong dan menjahitnya menjadi sebuah ’shopper bag’ yang praktis.