Share
Dikenal Sebagai Bumbu Makanan, Telusuri Manfaat Bawang Putih Lainnya Bagi Tubuh  
Hamidah Khansa Sabila
01 February 2023

Dikenal dan banyak digunakan sebagai bahan penyedap makanan, bawang putih ternyata memiliki manfaat lebih dalam untuk menjaga kesehatan tubuh.


Menjaga kesehatan jantung dan mengurangi resiko penggumpalan darah hanya beberapa dari manfaat bawang putih bagi tubuh. Dilansir dari WebMD, berikut adalah manfaat minyak sitronela bagi tubuh.

Membantu Menjaga Tekanan Darah

Mengkonsumsi bawang putih dapat mencegah penyempitan pembuluh darah yang dapat membantu pencegahan hipertensi. Berkurangnya tekanan darah tersebut dapat dibantu dengan mengkonsumsi suplemen bawang putih dan ekstrak bawang putih.

Mengurangi Resiko Kanker

Menurut beberapa studi, mengkonsumsi bawang putih dapat mengurangi resiko kanker bagi yang mengkonsumsinya, lebih tepatnya kanker usus besar. Studi lainnya menunjukkan bahwa orang-orang yang lebih sering mengkonsumsi bawang putih memiliki resiko kanker lambung lebih kecil dibandingkan dengan orang-orang yang jarang mengkonsumsinya.

Mengurangi Resiko Infeksi

Menurut sebuah studi, bawang putih dapat mengurangi resiko infeksi karena adanya zat allicin yang terdapat didalamnya. Bawang putih dapat mencegah bakteri, virus, jamur hingga parasit buruk dalam tubuh.

Menjaga Kesehatan Jantung

Mengkonsumsi bawang putih dapat membantu kesehatan jantung setelah terjadinya serangan jantung. Menurut studi, Diallyl trisulfide, zat yang ditemukan dalam bawang putih, diketahui membantu hal tersebut.