Share
Dikabarkan Mengidap Prosopagnosia, Brad Pitt Sulit Kenali Wajah Orang dan Sering Dianggap Sombong
Dewi Anggriani Siregar
10 July 2022

Aktor dan produser film asal Amerika Serikat, Brad Pitt, dikabarkan tengah mengalami Prosopagnosia, yakni kondisi di mana dirinya kesulitan untuk mengingat wajah seseorang.


Aktor hollywood kondang yang memiliki nama asli William Bradley Pitt, secara mengejutkan menyampaikan informasi terkait kesehatan dirinya yang mengidap Prosopagnosia atau yang biasa disebut sebagai buta wajah. Prosopagnosia ini membuat penderitanya tidak mampu mengenali wajah seseorang, bahkan mengidentifikasinya melalui cermin atau foto sekalipun.

Penyakit ini dapat dialami oleh siapa saja tanpa terkecuali. Dilansir dari Alo Dokter, Prosopagnosia atau face blindness bisa disebabkan oleh kelainan genetik atau masalah pada otak yang berfungsi untuk mendeteksi dan mengingat wajah. Penderita kondisi ini umumnya akan sulit mengenal dan membedakan wajah orang lain, baik yang belum atau sudah dikenalnya. Meski begitu, dalam beberapa kasus, seseorang juga dapat terlahir dengan Prosopagnosia sebagai kelainan bawaan.

Setelah sebelumnya sempat mengatakan bahwa dirinya juga sedang berjuang keras melawan depresinya selama bertahun-tahun, kepada GQ, mantan suami Angelina Jolie ini mengungkapkan tentang penyakitnya yang seringkali disalahartikan dan dianggap sombong sebab dirinya tidak dapat mengingat wajah seseorang.

Kondisi ini telah ia alami sejak tahun 2013 lalu. Hal tersebut pada akhirnya membuat aktor berusia 58 tahun tersebut malu dan takut untuk bersosialisasi sebab tidak ada yang percaya kepadanya, sehingga ia lebih sering menghabiskan waktunya di rumah.