Dianggap Bukan Olahraga Maskulin, Yoga Punya Banyak Manfaat untuk Pria

Men's Corner21 October 2020

By Novita Angelina

Dianggap Bukan Olahraga Maskulin, Yoga Punya Banyak Manfaat untuk Pria

Walau terdapat stereotype yoga bukan olahraga maskulin, tetapi yoga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan pria.


Musik dan gerakan yang lembut pada olahraga yoga membuat olah raga ini menjadi identik dengan wanita. Kebanyakan studio yoga juga didominasi oleh wanita, karena pria lebih memilih olahraga yang lebih keras atau menantang.

Padahal jika ditelusuri lebih dalam, akar asli dari yoga ini pada awalnya pria dan olah raga ini sangat bermanfaat bagi kesehatan pria, baik kesehatan fisik maupun psikis. Berikut kami rangkum beberapa manfaat olahraga yoga bagi pria.

1. Badan Menjadi Lentur dan Mudah Bergerak

Gerakan dinamis dan peregangan dalam yoga dapat membantu tubuh pria menjadi lebih lentur dan mudah dalam bergerak. Anda akan lebih mudah melakukan aktivitas fisik lainnya.

Sebenarnya terdapat hubungan jangka panjang antara seni bela diri dan yoga. Para atlit pria, mulai dari pesepakbola profesional, pemain bola basket dan atlet Olimpiade, bahkan hingga tentara juga dianjurkan untuk berolahraga yoga sebagai olahraga tambahan.

2. Badan Terlatih untuk Menjadi Lebih Kuat

Pada kenyataannya yoga tidak semuanya lembut dan mudah. Anda dapat menemukan intensitas dan durasi yang sesuai dengan keinginan dan kemampuan Anda. Dalam gaya aliran tertentu seperti Vinyasa, Anda akan dilatih untuk memperkuat seluruh tubuh, bahkan dapat membuat Anda meneteskan keringat dan merasakan efek positif selama berhari-hari. Latihan yang teratur untuk beberapa minggu dengan gerakan berulang akan memperpanjang otot dan mengencangkan tubuh Anda.

3. Menjadi Lebih Fokus dan Peduli Pada Tubuh

Yoga dapat mendorong Anda untuk memberikan perhatian penuh pada setiap gerakan. Dan Anda akan memberi apresiasi yang lebih besar terhadap setiap gerakan otot dan sendi di tubuh Anda. Karena tubuh bergerak secara serempak, yoga dapat mengurangi resiko ketidakseimbangan, pegal, nyeri dan gangguan sendi di kemudian hari.

4. Melatih Tubuh Agar Seimbang dan Terhindar dari Cedera

Jika Anda banyak menghabiskan waktu duduk membungkuk di atas meja, tanpa sadar Anda sedang melatih tubuh Anda untuk default ke posisi tertentu dan akan berpengaruh pada bagian tulang punggung Anda. Yoga akan membantu Anda untuk mengatasi ketidakseimbangan Anda.

5. Mengurangi Stress

Yoga dapat membantu melepaskan ketegangan mental dan fisik pada pria, dimana mereka memiliki kecenderungan untuk menginternalisasi stres dan kecemasan. Yoga dapat juga membantu menurunkan kadar hormon stres kortisol. Kortisol yang berlebihan dapat menekan fungsi tiroid, menurunkan jaringan otot, meningkatkan tekanan darah, menurunkan kekebalan, dan meningkatkan respons peradangan.

Selain itu, yoga juga terbukti dapat meningkatkan kemampuan tubuh Anda untuk merespons stres secara lebih efektif, dengan mengurangi detak jantung dan tekanan darah dalam situasi stres yang biasanya meningkatkan respon-respon ini.

BACA JUGA: 7 Tips Skincare Wajib untuk Pria Berusia di Atas 40 Tahun

6. Memperbaiki Fungsi Pencernaan

Yoga juga meningkatkan kesehatan pencernaan Anda melalui gerakan-gerakannya. Misalnya, gerakan dengan memanfaatkan postur tubuh, seperti gerakan memutar, gerakan ini dapat sekaligus memijat organ dalam supaya kerja organnya semakin optimal dan menjaga agar makanan tetap tercerna dengan baik.

7. Meningkatkan Fungsi Otak

Sebuah studi di Journal of Physical Activity and Health menemukan bahwa yoga Hatha 20 menit lebih merangsang fungsi otak daripada berjalan atau jogging di treadmill untuk jumlah waktu yang sama. Yoga dapat membuat tubuh bergerak, menciptakan ruang fisik dan membangkitkan energi.

Pada saat kita duduk bermeditasi, kita mengamati energi itu mengendap sehingga kita merasakan keheningan yang dalam dan menghasilkan ruang kosong ekstra di kepala. Ruang ekstra ini yang mengarahkan kita pada keputusan yang lebih baik, hubungan kerja yang lebih baik, dan peningkatan produktivitas.

8. Mendapatkan Tidur Lebih Baik

Pada sebuah penelitian ditemukan bahwa pria tua yang berolah raga yoga lebih memiliki sedikit gangguan tidur karena mereka membutuhkan waktu yang lebih singkat untuk tertidur, dan memiliki kualitas tidur yang bagus daripada mereka yang tidak melakukan yoga. Fokus pada pernapasan dalam yoga membantu meningkatkan kekuatan otot pernapasan anda, sehingga dapat mencegah anda mendengkur ketika tidur.

9. Menikmati Seks yang Lebih Baik

Yoga dipercaya akan membuat pria menjadi lebih kuat dan tubuhnya menjadi fleksibel. Selain itu yoga dapat membantu mengurangi kecemasan dan meningkatkan kesadaran dan kepercayaan diri. Dan yang paling utama, dengan berolahraga yoga dapat mempercepat pelepasan hormon yang meningkatkan gairah dan meningkatkan aliran darah ke area genital, yang penting untuk ereksi.

Pada sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Sexual Medicine menemukan bahwa pria yang berlatih yoga selama 12 minggu, melaporkan terjadi peningkatan fungsi seksual secara keseluruhan, termasuk dengan keinginan dan kepuasan dengan seks, kinerja, kemampuan untuk mengontrol ejakulasi, dan orgasme mereka.

10. Meningkatkan Rasa Nyaman dan Bahagia

Setelah pria melakukan yoga, tubuh akan melepasan zat esensial. hormon oksitosin, juga dikenal sebagai 'hormon cinta', membanjiri tubuh dengan perasaan nyaman dan bahagia. Hormon Oxytocin ini dapat berfungsi untuk meredakan kecemasan, meningkatkan keintiman seksual, meningkatkan hasrat untuk berinteraksi sosial, dan menurunkan tekanan darah.