7 Tips Skincare Wajib untuk Pria Berusia di Atas 40 Tahun

Men's Corner07 September 2020

By Rizka Putri Sonia

7 Tips Skincare Wajib untuk Pria Berusia di Atas 40 Tahun

Usia tidak menjadi alasan bagi kita untuk membiarkan kulit terlihat menua dan berkerut jika dirawat dengan cara yang benar.


Berbeda dari wanita, pria seringkali merasa kebingungan akan cara merawat kulit wajah. Kebingungan tersebut justru semakin menjadi-jadi dengan banyaknya produk skincare yang disuguhkan.

Bagi Anda yang sudah mulai memasuki usia kepala empat, memilih perawatan kulit yang tepat menjadi semakin rumit. Adakah cara yang sederhana untuk merawat kulit pria di usia matang? Simak tips skincare untuk pria berusia matang di bawah ini:

1. Mengurangi aktivitas yang merusak kulit

Sebelum berbicara mengenai perawatan kulit, hal pertama yang perlu dilakukan adalah melakukan tindak pencegahan yang berpotensi merusak kulit. Kulit menjadi representasi gaya hidup kita yang sebenarnya. Menjaga kesehatan dan makanan yang dikonsumsi, berolahraga rutin, memperhatikan jadwal tidur, dan berhenti merokok akan berpengaruh besar pada kesehatan tubuh dan kulit Anda. Hindari juga faktor stres berlebih serta seimbangkan antara waktu kerja dan hiburan Anda.

2. Menggunakan sunscreen setiap hari

Sunscreen bukan hanya perlu digunakan ketika Anda berkegiatan di outdoor atau berlibur ke pantai. Hampir segala kerusakan pada kulit wajah yang mungkin baru muncul atau Anda sadari ketika di usia 40-an disebabkan oleh akumulasi paparan sinar matahari setiap harinya.

Ahli dermatologi asal New York, Dr. Zeichner mengatakan bahwa sinar UV menjadi faktor alami utama yang menyebabkan penuaan dini dan kanker kulit. Menggunakan sunscreen dengan kadar minimal SPF30 setiap pagi akan menjadi solusi yang tepat untuk masalah ini.

3. Membersihkan wajah dengan benar

Membasuh wajah dengan air tidak dapat dikatakan sebagai rutinitas mencuci wajah dengan benar. Air saja tidak dapat menghilangkan kotoran dan minyak yang menempel pada wajah Anda setelah beraktivitas seharian. Gunakan facial cleanser for men yang diformulasikan untuk all skin types setiap pagi dan malam.

Produk facial cleanser berkualitas baik dapat membantu Anda menghilangkan segala jenis kotoran dan minyak yang menempel pada wajah Anda, meski Anda memiliki tipe wajah sensitif, berminyak, atau kombinasi sekali pun.

4. Eksfoliasi kulit dua minggu sekali

Pada umumnya, siklus kehidupan sel kulit wajah seseorang adalah selama 28 hari. Namun, seiring bertambahnya umur, siklus tersebut akan menjadi semakin lama. Hal tersebut menyebabkan sel kulit mati bertahan lebih lama di permukaan wajah sehingga kulit dapat terlihat lebih kusam.

Eksfoliasi kulit dapat membantu menyingkirkan sel kulit mati dan mencerahkan warna kulit. Anda dapat menggunakan facial scrub atau exfoliating toner yang diformulasikan untuk kulit pria sebanyak dua kali seminggu. Jangan terlalu sering melakukannya sebab eksfoliasi kulit yang berlebihan dapat membuat kulit Anda bengkak kemerahan, rusak, hingga terjadi peradangan.

5. Menggunakan retinol

Retinol merupakan jurus utama dalam menghadapi pertambahan usia. Selain memiliki khasiat anti-aging, retinol atau vitamin A juga dapat berfungsi untuk meregulasi dan meningkatkan pergantian kulit sehingga dapat mengatasi permasalahan seperti jerawat, pori-pori yang membesar, serta pigmentasi.

Satu-satunya kekurangan dari retanol adalah dapat mengiritasi kulit yang tergolong sensitif. Jika Anda memiliki kulit wajah yang sensitif, gunakan facial firming serum untuk laki-laki yang mengandung Retinyl palmitate yang memiliki fungsi yang sama dengan retinol, namun versi lebih lembutnya.

6. Gunakan produk yang mengandung antioksidan

Menggunakan serum yang mengandung antioksidan dapat menjadi solusi dari berkurangnya produksi antioksidan pada kulit wajah seiring bertambahnya usia. Penggunaan serum yang mengandung antioksidan sebelum sunscreen di pagi hari dapat menjadi perlindungan ekstra bagi kulit Anda terhadap sinar UV matahari serta polutan.

7. Gunakan moisturizer setiap pagi dan malam

Selain melembapkan, penggunaan moisturizer yang mengandung SPF saat pagi hari dapat melindungi kulit Anda dari paparan sinar UV dan menjadi krim anti-aging. Di sisi lain, penggunaan moisturizer pada malam hari berfungsi untuk meremajakan kulit Anda.

Pilihlah moisturizer yang mengandung antioksidan, peptida, dan kolagen. Komposisi ini dapat membantu Anda untuk memperbaiki tampilan kerutan, membuat kulit lebih elastis, serta memperbaiki kulit yang rusak karena sinar matahari.