Dewa 19 Awali Tur Nasional dengan Konser Sold Out di Bandung dan Jogja

Art & Culture24 February 2020

By Larasati Oetomo

Dewa 19 Awali Tur Nasional dengan Konser Sold Out di Bandung dan Jogja

Konser “20 Tahun Bintang 5 Tour 2020 DEWA 19 featuring Once Mekel | Dul Jaelani” terbukti sangat menarik antusias tidak hanya para Baladewa, tetapi juga penikmat musik Indonesia.


Setelah sekian lama, Dewa 19 kembali menjalani tur Indonesia dengan 6 tujuan: Bandung, Jogjakarta, Surabaya, Banjarmasin, Balikpapan, dan Makassar. Tur ini merayakan dua dekade dirilisnya album Bintang Lima dan kembalinya Ahmad Dhani ke kancah musik Indonesia.



Dengan formasi Once Mekel, Ahmad Dhani, Andra Ramadhan, Yuke Sampurna, Agung Yudha, dan Dul Jaelani, Dewa 19 merayakan Bintang 5 sebagai album penanda transisi karir musik, sebagaimana disebutkan oleh Ahmad Dhani dalam wawancara eksklusif tur ini, “(ketika menyusun album ini) hanya ada dua kemungkinan yang dapat dihasilkan dari Bintang 5—kehancuran karir Dewa 19 setelah ditinggal Ari (Lasso), atau penanda bahwa Dewa 19 akan tetap sukses. Ternyata, hasilnya adalah yang kedua.”



Bandung sebagai kota pertama yang didatangi Dewa 19 menunjukan antusiasnya dengan memadati kawasan Trans Convention Centre. Meskipun Kota Kembang ini diguyur hujan sehari penuh, konser yang dihelat pada tanggal 15 Februari 2020 ini dinyatakan sold out.

Seminggu kemudian, grup musik asal Surabaya ini melanjutkan tur mereka ke Jogjakarta, tepatnya di Jogja Expo Center, Hall B & C. Konser ini merupakan momen temu kangen Dewa 19 setelah sekian lama tidak menghelat konser di Daerah Istimewa ini. Tak ketinggalan, tamu terhormat seperti Titiek Soeharto hadir pada edisi kali ini.




Sepanjang 2 jam para penonton sukses dihibur dengan lantunan lagu-lagu nostalgia hits terbaik DEWA 19 yang dikemas dalam dua fase: fase pertama memainkan lagu-lagu hits sejak tahun 2000 hingga sekarang, serta sedikit nostalgia dengan debut hit Dewa 19, “Kangen”, serta fase kedua yang didedikasikan untuk album Bintang 5. Pembagian fase ini berbeda dari konser-konser DEWA 19 sebelumnya dan membius ribuan Baladewa yang tidak berhenti untuk turut menyanyikan 22 lagu sepanjang konser berlangsung.

Selain mengucapkan rasa syukur dan terima kasih kepada semua partner yang sudah mendukung, Sysan Ibrahim selaku CEO dari Otello Asia pun berharap permulaan yang baik ini bisa terus berlanjut di kota-kota berikutnya yaitu di Surabaya, Banjarmasin, Balikpapan dan Makassar.

Foto HELMI SUGARA PROMOTIONS