Share
Destinasi Liburan Romantis di Vienna, Persis Seperti di Film “Before Sunrise”
Putrika Annaya Salsabila
10 August 2023

Jika Anda adalah seorang hopeless romantic atau sekadar penggemar film romantis, pasti tidak asing dengan film “Before Sunrise”. Ikuti jejak romantis Jesse dan Céline dengan rekomendasi destinasi di Vienna ini!


Siapa yang tidak iri dengan suasana romantis di film “Before Sunrise” di mana seorang wanita Prancis dan seorang pria Amerika memutuskan untuk menghabiskan malam bersama?

Setidaknya Anda pasti pernah berandai-andai bertemu belahan jiwa Anda di kereta dan turun di tujuan utama bersama untuk menghabiskan waktu secara impulsif.

Jangan khawatir karena Anda bisa merasakan perjalanan romantis ini jika Anda mengunjungi Vienna.

Film yang dibintangi oleh Ethan Hawke dan Julie Delpy ini mengambil lokasi syuting di Vienna, Austria. Menelusuri langkah Jesse dan Céline di film “Before Sunrise”, berikut beberapa destinasi untuk perjalanan romantis Anda di Vienna.

1. Jembatan Zollamtssteg

Vienna 1

Setelah kedua protagonis bertemu untuk pertama kalinya di kereta, mereka akhirnya turun bersama dan memulai petualangan mereka dengan berjalan melalui Jembatan Zollamtssteg. Jembatan ini merupakan salah satu jembatan legendaris di Vienna.

Di bawah jembatan ini, Sungai Wien mengalir dan bermuara ke saluran Donaukanal.

2. Trem

Vienna 2

Beberapa adegan berikutnya menunjukkan percakapan panjang yang dilakukan Jesse dan Céline di dalam trem. Mereka memulai perjalanan trem di Schottentor: stasiun trem dan kereta bawah tanah bertingkat dengan gereja Votivkirche neo-gotik sebagai pemandangan di seberangnya.

Terlalu tenggelam dalam percakapan, pasangan itu akhirnya kembali ke Schottentor di sepanjang sisi barat boulevard Ring yang terkenal. Anda mungkin mengenali ini karena adegan itu menjadi salah satu momen ikonik Before Sunrise di mana Jesse mencoba–tapi sayangnya gagal–menyentuh rambut Céline.

Saat trem bergerak, pemandangan di belakang mereka menunjukkan berbagai landmark. Dimulai dengan Palais Epstein akhir abad ke-19, Burgtheater, dan bangunan utama University of Vienna. Pasangan ini akhirnya turun di Börse (bursa saham) lama di Schottenring 16.

3. Toko LPS

Vienna 3

Adegan ikonik lainnya, LPS dan kata-kata yang tak terucapkan.

Dengan hanya musik yang mengisi kesunyian, pertukaran tatapan mata antara kedua tokoh utama film ini lebih banyak berbicara daripada kata-kata.

Klip legendaris ini direkam di toko kaset bernama The Teuchtler Schallplattenhandlung und Antiquarität. Terletak di Windmühlgasse 10, toko ini kabarnya masih buka hingga sekarang.

4. Maria-Theresien-Platz

Vienna 4

Setelah mengunjungi toko LPS, Céline dan Jesse melewati salah satu alun-alun Vienna yang terkenal, Maria-Theresien-Platz. Di tengah alun-alun, Anda akan melihat monumen megah Permaisuri Maria Theresa, diapit oleh museum Kunsthistoriches dan Naturhistorisches abad ke-19.

Saat mereka menjelajahi daerah tersebut, Anda dapat melihat sayap Neue Burg di Hofburg sebagai latar belakang, serta museum Kunsthistoriches itu sendiri.

Jika Anda melewati bagian barat monumen Maria Theresa, Anda akan menemukan air mancur yang ditampilkan di “Before Sunrise”. Anda dapat menginjakkan kaki di depan museum seni dan menoleh ke kanan dan di situlah Anda dapat menemukan Eros dan Psyche di bagian depan.

5. Cemetery of the Nameless

Vienna 5

Semua set film Before Sunrise yang telah kita bahas di atas relatif berlokasi di tengah kota. Namun, lokasi yang satu ini tidak begitu sentral. Tempat ini merupakan pemakaman yang disebut Friedhof der Namenlosen atau “Pemakaman Tanpa Nama”.

Pemakaman itu sebenarnya jauh di sebelah timur kota, jadi Anda sudah setengah jalan menuju bandara.

Alasan di balik kekhasan nama tersebut sebenarnya berasal dari abad ke-19. Sebagai sungai terpanjang kedua di Eropa, tak jarang Sungai Danube membawa berbagai material dalam alirannya dan kerap terdampar di lokasi-lokasi tertentu.

Sayangnya, materi ini termasuk tubuh-tubuh manusia yang terbengkalai, banyak di antaranya tidak dapat diidentifikasi. Jadi, mereka dimakamkan di lokasi terdekat.

6. Prater dan Riesenrad

Vienna 6

Lokasi inilah di mana semua menjadi sangat menarik–ciuman pertama!

Di kabin Bianglala Raksasa Riesenrad, Jesse dan Céline benar-benar tidak peduli dengan pemandangan megah dari atas saat mereka berbagi ciuman manis untuk pertama kalinya.

Kabin bianglala ini juga pernah muncul di “The Third Man”, “The Living Daylights”, “Vienna Blood”, dan produksi lainnya. Terletak sedikit di utara dan timur pusat kota Vienna, pasangan ini berjalan-jalan di pasar malam di kompleks hiburan Prater.

7. Spittelberg

Vienna 7

Setelah beberapa adegan, set bergeser tepat di luar pusat Spittelberg. Tempat tinggal Bohemian ini dipenuhi dengan jalan-jalan sempit, bar, dan restoran, yang akan berubah menjadi pasar Natal di musim dingin.

Saat pasangan itu berjalan ke Spittelberggasse (rumah nomor 18), mereka bertemu dengan seorang penari. Mereka melanjutkan jalan-jalan malam mereka melewati Spittelberg Passage dan akhirnya berhenti sejenak untuk percakapan berharga lainnya di gang kecil antara Gutenberggasse 13 dan Kirchberggasse.