Share
Percantik Taman Minimalis dengan Design dan Gaya Modern Berikut
Adelia Ayu
04 November 2020

Meski berlahan sempit, taman minimalis dapat terlihat modern dan luas dengan design dan aksesori yang tepat.


Dengan menjamurnya tren rumah minimalis, taman berukuran kecil menjadi pilihan utama belakangan ini. Minimnya area lahan membuat pilihan design dan tanaman menjadi terbatas. Meski terbatas, sempitnya lahan dapat disiasati dengan tanaman berukuran kecil dan furnitur minimalis.

Penataan dan pilihan tanaman yang tepat dapat memberi kesan luas dan modern. Berikut tips dan trik yang dapat Anda gunakan untuk menciptakan taman minimalis yang estetik dan trendy.

1. Perhatikan Struktur Taman Anda

Meskipun lahan yang Anda miliki lebih besar daripada taman minimalis pada umumnya, struktur merupakan hal terpenting yang harus tetap diperhatikan saat mendesain taman. Atur letak furnitur, tanaman dan lampu taman secara simetris sehingga memberikan kesan seimbang pada landscape Anda.

2. Minimalist is The Key

Kunci utama dari taman minimalis adalah design sederhana. Palet warna netral memberikan kesan stylish dan modern. Warna beige, cream, putih dan abu-abu dapat menyeimbangkan warna hijau tanaman. Hindari warna gelap seperti hitam yang dapat memberi kesan sempit pada taman.

3. Perluas Lahan Dengan Tangga Minimalis

Siasati lahan sempit dengan menambahkan beberapa anak tangga di taman Anda. Tangga dapat menambah kesan luas dan modern dengan pencahayaan dan design yang tepat. Pemakaian hidden lamp dan tanaman perdu disekitar anak tangga dapat menjadikan taman terlihat lebih elegan.

4. Gunakan Furnitur Dengan Material Batu Dan Kayu

Apabila taman luas identik dengan hamparan rumput hijau, taman minimalis akan terlihat sempit jika ditanami rerumputan secara penuh. Gunakan material seperti kerikil dan batu alam sebagai pengganti rumput dan berikan sentuhan furnitur kayu pada kursi dan meja taman.

5. Percantik Taman Dengan Tanaman Kecil dan Berdaun

Letak taman minimalis tidak hanya berada di teras depan rumah. Rooftop dan teras samping menjadi alternatif lain. Tanaman tinggi seperti pohon dan bambu meminimalisir pencahayaan dan mempersempit lahan. Pilihlah tanaman dalam pot seperti Cycas dan Sansevieria atau tanaman merambat seperti Lee Kuan Yew untuk memperluas dan menambah kesan estetik pada taman mungil Anda.