Desainer Barli Asmara Meninggal Dunia pada Usia 42 Tahun

Profile27 August 2020

By Larasati Oetomo

Desainer Barli Asmara Meninggal Dunia pada Usia 42 Tahun

Desainer muda dan berprestasi, Barli Asmara dikabarkan meninggal dunia.


Pria kelahiran Bandung, 42 tahun lalu ini dikabarkan meninggal dunia pada hari ini (27/8). Pihak manajemen Barli Asmara mengatakan bahwa ia meninggal pada siang hari sekitar pukul 14.00. Sampai saat ini belum ada rilis resmi yang menyatakan penyebab kematian dari Barli.

Sejumlah figur publik menyampaikan bela sungkawa pada laman media sosial Barli Asmara. Berita ini juga dibenarkan oleh rekan sesama desainer, Rinaldy Yunardi, sebagaimana dikutip dari Kompas.com:

“Iya betul, aku juga baru dapat kabar,” ungkapnya kepada wartawan Kompas.com. “Cuma informasi kelengkapannya aku juga enggak begitu tahu, setahu saya dia lagi di Bali. Kalau untuk sakit apa dan bagaimana lebih baik mencari informasi ke keluarga.”

Tokoh fesyen nasional ini sudah memulai karirnya sejak tahun 2000. Meski demikian, ia baru mulai dikenal pasar Indonesia sejak menyajikan koleksinya di Jakarta Fashion Week (JFW) pada tahun 2008. Ia juga pernah tampil di New York Couture Fashion Week bersama Dian Pelangi dan Zaskia Sungkar.

Identitas fesyennya dikenal dari potongan feminin sekaligus kuat serta penggunaan bahan feminin klasik seperti lace, satin, dan renda.

Barli menaungi sejumlah label di antaranya Barli Asmara, Pelangi Asmara bersama Dian Pelangi, VAIA, dan Aure Studios. Pada awal bulan Agustus lalu, ia baru merilis koleksi terbarunya yang bernama “Unchained” di situs barliasmara.id.

Selamat jalan, Barli.