Deretan Selebriti Global Peringati Hari AIDS Sedunia

Event02 December 2020

By Adelia Ayu

Deretan Selebriti Global Peringati Hari AIDS Sedunia

Peringati Hari AIDS Sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Desember, sederet selebriti sampaikan harapan dan semangat melalui laman media sosial mereka.


Sejak tahun 1988, tanggal 1 Desember ditetapkan sebagai Hari AIDS Sedunia. Hari ini diperingati setiap tahunnya sebagai bentuk rasa hormat dunia terhadap perjuangan para penyintas dan mengenang jutaan nyawa yang hilang karena penyakit ini. Lambang pita merah menjadi ciri khas hari AIDS sedunia yang berarti care dan concern – kepedulian terhadap individu yang berjuang dan hidup dengan AIDS.

Tahun ini, beberapa selebriti dunia menyampaikan harapan dan semangat di Hari AIDS melalui media sosial mereka. Tidak hanya memberikan semangat, para selebriti global berikut juga mengedukasi masyarakat tentang AIDS dan mendukung penghapusan stigma sosial yang kerap dikaitkan dengan penyintas penyakit mematikan ini.

Madonna

Sang ‘Queen of Pop’ mengunggah postingan menyentuh di Hari AIDS Sedunia. Di laman Twitternya, Madonna mengenang kepergian sejumlah kerabat dekatnya yang berpulang karena AIDS. Pelantun lagu ‘Ray of Light’ ini juga mengingatkan bahaya dan kurangnya pemahaman masyarakat terhadap AIDS.

Troye Sivan

Selain Madonna, penyanyi Troye Sivan juga memperingati Hari AIDS Sedunia melalui laman Twitternya juga. Sivan menyatakan kebanggannya terhadap sejumlah orang yang berjuang melawan penyakit dan stigma sosial yang negatif terhadap AIDS. Selain itu, Ia juga menekankan pentingnya kepedulian dalam menyapa para ODHA dan OHIDHA.

Magic Johnson

Pebasket legendaris, Magic Johnson, menyatakan dukungannya juga terhadap penghapusan stigma sosial terhadap penyintas AIDS. Dalam postingannya, Johnson menyatakan bahwa mereka tak pernah luput dari do’a dan dukungannya. Senada dengan Sivan, Ia menegaskan bahwa para ODHA dan OHIDHA harus diperlakukan dengan baik layaknya seorang manusia biasa.

Charlize Theron

Pemain film ‘Mad Max: Fury Road’, Charlize Theron, memberikan tribut terhadap benua kelahirannya, Afrika, dengan mendirikan yayasan peduli AIDS di sana. Melalui Charlize Theron Africa Outreach Project (CTAOP) yang didirikannya pada tahun 2007 lalu, Theron membantu dan mengedukasi ratusan warga Afrika agar terhindar dari penyakit tersebut. Dalam postingannya, Theron mengingatkan masyarakat global untuk peduli terhadap 38 juta penyintas AIDS di seluruh dunia.

Queen

Meski telah berpulang karena AIDS pada tahun 1991 lalu, legenda rock sekaligus vokalis Queen, Freddie Mercury tetap menjadi icon pejuang AIDS dan grup band Queen selalu memberikan tribut kepada sang vokalis tercinta setiap Hari AIDS Sedunia diperingati. Selain Queen, laman Twitter resmi milik Freddie Mercury yang dipegang oleh tim menunjukkan slide show foto Mercury yang ditampilkan dengan mengenang karya sang legenda melalui buku biografi ‘Freddie Mercury: A Life, In His Own Words’ untuk memperingati Hari AIDS sedunia.