Share
Deretan Musisi Internasional yang Pernah Berkolaborasi dengan BTS
Novita Angelina
20 November 2021

BTS selalu sukses menjadi magnet dalam setiap penampilannya. Mereka bahkan berhasil berkolaborasi dengan sejumlah musisi dunia dan menghasilkan karya yang sangat menarik. Siapa saja mereka?


Sudah tidak terhitung banyaknya kolaborasi yang BTS lakukan dengan musisi internasional yang terkenal. RM dan kawan-kawan berhasil membawa budaya dan musik Korea semakin dikenal di seluruh dunia. Berikut sederet nama besar yang pernah berkolaborasi dengan BTS.

1. BTS x The Chainsmokers – “Best Of Me”


Sebelumnya para anggota BTS bertemu satu panggung dengan duo DJ Amerika, The Chainsmoker pada pagelaran Billboard Awards 2017 di Las Vegas. Setelah pertemuan itu, mereka akhirnya memutuskan untuk berkolaborasi, menghasilkan rilis yang berjudul “Best of Me” yang menjadi bagian dalam mini album BTS yang berjudul “Love Yourself: Her”. Seperti yang menjadi ciri khas lagu Chainsmokers, Lagu ini diiringi alunan musik EDM yang menakjubkan dan enak didengar.

2. BTS x Nicki Minaj – “Idol”


Pada saat itu BTS berhasil membuat publik terkejut kerena kolaborasi mereka dengan rapper idola asal Amerika, Nicki Minaj. Mereka sengaja mengirim surat kepada Nicki Minaj agar mau berkolaborasi dengan mereka. Dan tidak sia-sia lagu kolaborasi mereka yang berjudul “Idol” itu terdengar lebih hidup dengan tambahan alunan rapper seorang Nicki Minaj. Ia juga bahkan ikut mempromosikan karya musik mereka di media sosial miliknya.

3. BTS x Halsey – “Boy With Luv”


Tidak hanya musiknya yang bagus dan enak didengar, kekompakan dan persahabatan di antara para anggota BTS dan Halsey sangat jelas terasa ketika membawakan lagu berjudul “Boy with Luv”. Penampilan mereka berhasil memukau penonton yang melihat penampilan mereka. Apalagi ditambah ketika momen Halsey ikut bersenang-senang sewaktu menyanyikan bagian chorus dan beberapa ad lib di sana-sini semakin membuat lagu ini semakin berwarna.

4. BTS x Lauv – “Make It Right”


BTS mengubah lirik lagu mereka yang berjudul “Make It Right” dengan memasukkan bait lirik berbahasa Inggris ciptaan Lauv dalam versi remix akustik. Liriknya memberikan lagu tersebut sebuah emosi melankolis yang membawa pendengarnya melakukan perjalanan dalam pencarian jiwa, pengakuan, dan penebusan. Yang menarik lagi, mendengarkan lagu ini seperti memberikan seseorang kekuatan untuk memperbaiki keadaan mereka untuk menjadi lebih baik lagi.

5. BTS x Coldplay – “My Universe”


Dapat dikatakan kolaborasi ini menjadi salah satu kolaborasi BTS yang paling berhasil di antara yang lainnya. Tidak hanya menghasilkan lagu yang indah, kolaborasi BTS dengan Coldplay belum lama ini membawa sebuah pesan yang mulia yaitu untuk menjaga alam semesta yang sudah mulai rusak. Mereka membawa penonton masuk ke dalam dunia futuristik serta menggunakan kata "Universe" untuk menggambarkan seseorang yang mereka sayangi dan bernyanyi tentang betapa berartinya mereka.