Deretan Easter Eggs Serial Terbaru Marvel di Disney Plus, Wandavision

Art & Culture18 January 2021

By Adelia Ayu

Deretan Easter Eggs Serial Terbaru Marvel di Disney Plus, Wandavision

Deretan Easter Eggs Serial Terbaru Marvel, Wandavision
Membuka fase ke-empat Marvel Cinematic Universe (MCU), Wandavision berhasil mendapat respon positif melalui sinematografi dan jalan cerita yang memukau.


Tayang perdana di layanan Disney Plus pada hari Jum’at (15/1) lalu, serial terbaru Marvel, Wandavision berhasil mendapat respon positif melalui sinematografi dan jalan cerita yang menarik. Dibintangi oleh Elizabeth Olsen dan Paul Bettany sebagai kedua tokoh utama, Wanda Maximoff dan Vision yang tergabung dalam tim Avengers bentukan ketua S.H.I.E.L.D, Nick Fury (Samuel L. Jackson).

Serial Wandavision sendiri mengisahkan kehidupan pasangan superhero yang berusaha berbaur dengan lingkungan sekitar dengan menyembunyikan kekuatan super mereka. Di episode pertama dan kedua yang sudah tayang minggu lalu, banyak yang terpukau sekaligus merasa janggal dengan beberapa hal di balik keindahan dan kejenakaan sitkom Amerika Serikat ala tahun 50’an dan 60’an yang terinspirasi dari sitkom I Love Lucy, Bewitched dan The Dick Van Dyke. Selain menampilkan komedi, penonton juga merasa diawasi layaknya keadaan di buku 1984 karya George Orwell dan menangkap beberapa referensi dan easter eggs yang dapat membantu menebak jalan cerita kisah cinta suburban Wanda dan Vision. Spoilers ahead!

S.W.O.R.D

Jika S.H.I.E.L.D (Strategic Homeland Intervention, Enforcement and Logistic Division) berpusat menangani ancaman yang ada di bumi seperti teroris layaknya HYDRA, S.W.O.R.D (Sentient World Observation and Response Department) berfungsi untuk menangani ancaman dari galaksi lain dan multi universe. Organisasi ini diketuai oleh seorang wanita bernama Abigail Brand yang terkenal dengan rambut hijau stabilo-nya. Lambang S.W.O.R.D yang berupa pedang berlatar bola dunia yang dilingkari lingkaran tampak di akhir episode 1 pada credit akhir dan episode 2 di mainan helikopter dan beekeper yang muncul di lingkungan rumah Wanda. Kuat dugaan, para agen S.W.O.R.D sedang mengobservasi kehidupan pasangan superhero tersebut melalui teknologi yang mereka miliki.

Monica Rambeau

Apabila Anda penggemar MCU sejati atau pernah menyaksikan film Captain Marvel, pasti Anda familiar dengan sosok anak jenius dari sahabat Carol Denvers (Brie Larson) yang bernama Monica Rambeau. Siapa sangka, Rambeau sudah beranjak dewasa dan menjadi salah satu agen dari S.W.O.R.D. Hal ini dikonfirmasi dari list IMDB yang menuliskan nama tokoh ini di deretan pemain yang juga diperankan oleh aktris Teyonah Parris yang juga memerankan tokoh tetangga ramah, Geraldine. Kehadiran Rambeu di kehidupan Wanda dan Vision diduga bukan sebuah kebetulan semata. Hal ini diperkuat dengan tayangan trailer film yang menunjukkan bahwa ia terlempar dari sebuah tempat dan mengenakan pakaian super.

Agatha Harkness

Bagi penggemar komik Marvel, tokoh satu ini sudah familiar dan terdengar asing bagi pemirsa setia MCU. Ingat tokoh tetangga Wanda yang terkesan ‘berisik’ dan ‘heboh’ di episode 1 yang bernama Agnes? Banyak yang berspekulasi ‘Agnes’ adalah singkatan dari ‘Agatha Harkness’, seorang penyihir yang juga mentor Wanda yang mengajari dirinya menciptakan realita buatan dan multiverse. Dari bros yang sering digunakan dan selalu ada di setiap episode meski sudah berganti era, diduga kuat Agnes yang diperankan oleh aktris Kathryn Hahn memiliki peran penting di serial ini. Harkness sendiri merupakan ibu dari penyihir Nicholas Scratch yang berafiliasi dengan Dormammu, musuh Doctor Strange (Benedict Cumberbatch) di film pertama.

Iklan Toaster Stark Industries & Jam Strucker

Di dalam MCU, Anda dilatih untuk melihat lebih hal-hal kecil yang terkesan sepele. Di kedua episode perdana, ada dua iklan vintage yang muncul di tengah acara: Toastmate 2000 dan Jam Tangan Strucker. Stark Industries adalah perusahaan milik Tony Stark yang berperan menciptakan Vision dan Strucker adalah Wolfgang Von Strucker, salah satu pemimpin HYDRA yang melakukan eksperimen terhadap Wanda dan saudaranya, Pietro (Aaron Taylor-Johnson) di Avengers: The Age of Ultron. Bentuk dan bunyi toaster yang menyerupai kostum Iron Man dan lambang Hydra di dalam jam tangan diprediksi akan membawa kembali peran perusahaan Stark maupun HYDRA di serial ini.

The Beekeper

Di akhir episode 2, kita mempelajari bahwa Wanda dapat menciptakan realita sesuai dengan keinginannya, seperti menambahkan palet warna dan menghilangkan bagian misterius seperti saat bertemu beekeper yang muncul di tengah jalanan perumahannya. Meski menggunakan jubah berlogo S.W.O.R.D, tokoh misterius ini diduga bekerja untuk A.I.M (Advanced Idea Mechanics), sebuah organisasi yang terdiri dari kumpulan scientist yang ingin menggulingkan pemerintahan di berbagai negara. Berhubungan dengan iklan jam di episode yang sama, organisasi ini didirikan oleh Wolfgang von Strucker. Kemampuan beekeper menembus realita di trailer film membuat penonton penasaran dengan peranan tokoh ini di dunia Wanda dan Vision.

The Comeback

Sebagai serial pembuka fase ke-empat MCU setelah penayangan Avengers: Endgame dua tahun lalu, Wandavision juga menjadi ajang reuni beberapa tokoh Marvel yang akan kembali di serial ini. Karakter Scientist di film Thor, Darcy Lewis (Kate Dennings) dan agen FBI Jimmy Woo (Randall Park) yang bertugas mengawasi Scott Lang (Paul Rudd) di Ant-Man and the Wasp.

Kemunculan Woo di trailer film yang tampak panik menghadapi sesuatu dengan sejumlah pasukan di belakangnya membuat penonton bertanya-tanya akan perannya. Meski tidak tampak di trailer film, Lewis dikonfirmasi memiliki peran besar di serial ini seperti Woo. Dengan kembalinya Lewis yang biasa menangani masalah antar galaksi dan Woo yang diduga sebagai pria yang memanggil Wanda di radio, Wandavision diduga akan menghubungkan beberapa universe di dalam MCU.