Daftar Pernikahan Paling Mewah Dunia: Lionel Messi hingga Putri Taipan Inggris

Relationship10 July 2020

By Larasati Oetomo

Daftar Pernikahan Paling Mewah Dunia: Lionel Messi hingga Putri Taipan Inggris

Ikatan janji sehidup semati merupakan sebuah ritual yang amat sakral. Sebagian orang rela melakukan segala usaha untuk membuatnya menjadi hari yang paling spesial.


Ketika membicarakan pesta pernikahan yang megah, barangkali yang terlintas di bayangan kita adalah pernikahan anggota keluarga kerajaan dan konglomerat dunia. Saking megahnya, kita masih dapat mengingatnya dengan jelas seperti pernikahan Putri Diana dengan Pangeran Charles, misalnya.

Ada banyak cara yang bisa ditempuh dalam merancang hari pernikahan yang tak terlupakan. Berikut inspirasi dari tokoh-tokoh dunia dengan pesta pernikahan termegah di dunia—siapa favorit Anda?

CHELSEA CLINTON & MARC MEZVINSKY

Mantan presiden Amerika Bill Clinton dan istrinya, mantan Sekretaris Negara Hillary Clinton dengan senang hati menyaksikan hari paling bahagia dalam kehidupan putri mereka ketika dia menikahi sang kekasih Marc Mezvinsky pada Juli 2010 dalam pernikahan mewah yang berlokasi di sebuah istana pribadi Astor Courts, di Rhinebeck, New York.

Daftar tamu bertabur bintang dalam acara tersebut termasuk Mary Steenburgen, mantan Sekretaris Negara Madeleine Albright, aktor Ted Danson, dan beberapa anggota kongres dan Demokrat terkemuka lainnya. Perancang gaun pernikahan mewah Chelsea, Vera Wang, juga hadir seperti halnya Christopher Bailey yang kala itu merupakan desainer Burberry dan kepala Festival Film Tribeca Jane Rosenthal.

PANGERAN HARRY & MEGHAN MARKLE

\

Menurut Express, pernikahan kerajaan Harry dan Meghan memakan biaya sebesar £32 juta, yang setara dengan sekitar Rp580 miliar. Sebagian besar dari biaya ini sebenarnya digunakan untuk peningkatan langkah-langkah keamanan.

Sebanyak £1 juta di antaranya dialokasikan untuk Windsor dan dewan Maidenhead untuk "pengawasan, pengendalian kerumunan, layar besar, pembuangan limbah, barier penghalang dan biaya terkait," menurut Express. Divisi Digital, Budaya, Media dan Olahraga pemerintah Inggris juga mengeluarkan dana sebesar £1.5 juta untuk "bendera, spanduk, layar lebar, penghalang kerumunan dan sistem pembuangan sampah".

Bagaimana dengan gaun pernikahannya? Gaun pernikahan Meghan yang dirancang oleh Clare Waight Keller (kala itu direktur kreatif Givenchy) bernilai sekitar £390.000 atau Rp7 miliar. Gaun ini lebih mahal dari gaun pernikahan Kate Middleton dari Alexander McQueen yang diyakini “hanya” menelan biaya sebesar £250.000 atau Rp4.5 miliar.
Secara keseluruhan, pernikahan Pangeran Harry dan Meghan menghabiskan dana £8 juta (Rp145 miliar) lebih banyak daripada pernikahan Pangeran William dan Kate pada tahun 2011, di mana kelebihan tersebut lebih banyak dihabiskan untuk keamanan.

LIONEL MESSI & ANTONELA ROCCUZZO

Messi dan sang istri merupakan teman semasa kecil. Keduanya bertemu pada tahun 1996 ketika Messi masih aktif di tim junior klub sepak bola di Rosario, Argentina. Karena terobosan besar Messi di FC Barcelona dan kepindahannya ke Spanyol, keduanya terpisah dan kehilangan kontak satu sama lain untuk waktu yang lama. Baru pada saat tragedi menimpa teman bersama mereka di Rosario, Messi terbang kembali ke Argentina dan bertemu Antonela kembali.

Mereka mulai berkencan pada tahun 2007 dan membuka hubungan mereka secara publik pada Piala Dunia 2010. Tahun 2017 lalu, keduanya memutuskan menikah. Pesta pernikahan mewah tersebut dihadiri sederet rekan pesepak bola seperti Puyol, Pique, Neymar, Suarez, dan Alba dan selebriti.

Meskipun pernikahan mereka amat megah, keduanya tidak melupakan mereka yang membutuhkan. Alih-alih hadiah pernikahan yang biasa, pasangan ini meminta para tamu menyumbangkan uang kepada organisasi Techo, sebuah badan amal yang membangun rumah darurat untuk keluarga di Argentina. Pernikahan Messi dan Antonella juga menyediakan layanan amal lainnya, di mana makanan dan minuman yang tersisa disumbangkan ke tempat penampungan makanan Rosario setempat.

NELL DIAMOND & TEDDY WASSERMAN

Pernikahan Nell Diamond (CEO dan pendiri perusahaan linen mewah Hill House Home) Teddy Wasserman di Prancis Selatan pada tahun 2014 dilaksanakan di Hôtel du Cap-Eden-Roc. Berdasarkan lokasinya saja, pernikahan ini dijamin amat indah—dikelilingi oleh pepohonan rindang, dihiasi dengan taman-taman Inggris yang paling mempesona, dan dihiasi dengan kolam infinity batu basal.

Seluruh pesta pernikahan dikoordinasikan oleh Fait Accompli yang juga merencanakan pernikahan royal William & Kate. 200 tamu Nell & Teddy tiba untuk makan malam dan disuguhi jadwal yang menyenangkan; menyaingi kemah musim panas yang mewah. Kegiatannya meliputi tur Old Nice, mencicipi anggur di Île Sainte-Marguerite di dekatnya, menjelajahi Museum Picasso, melakukan perjalanan perahu ke kebun anggur yang dikelola biarawan, dan bermain pétanque (permainan bola Prancis seperti bocce).

Gaun pengantin Nell dirancang oleh Olivier Theyskens, menampilkan siluet Victoria, sulaman sempurna, dan kereta setinggi 10 kaki dan selebar 12 kaki yang mengharuskan hotel untuk melepas pintu putar untuk memungkinkan pengantin wanita lewat ketika dia berjalan dari pintu masuk hotel ke are tepi laut, tempat ia mengikat janji dengan Teddy di kala matahari terbenam. Pengantin wanita kemudian mengenakan gaun gaya Grecian oleh Prabal Gurung untuk resepsi.

Sorotan malam itu adalah hujan kembang api yang spektakuler untuk mengakhiri akhir pekan.

VANISHA MITTAL & AMIT BHATIA

Pria terkaya di London, taipan baja Lakshmi Mittal memberikan putrinya, Vanisha Mittal, salah satu pernikahan paling mewah yang pernah ada di dunia. Para tamu yang menerima undangan mendapat preview tentang betapa mewahnya pernikahan itu melalui puisi, deskripsi situs, dan detail festival sepanjang 20 halaman yang dikirimkan dalam kotak perak.

Selain undangan, para tamu juga diterbangkan dengan jet, disewa oleh Mittal dari India ke Paris, di mana perayaan berlangsung. Para tamu menginap di Hotel Le Grand Intercontinental, di mana 600 kamar dipesan untuk acara ini. Akomodasi itu sendiri menghabiskan biaya $2 Juta (Rp28 miliar) termasuk fasilitas bar camilan 24 jam.

Untuk persiapan pernikahan, seluruh lantai pertama hotel diubah menjadi salon kecantikan, 38 koki menyiapkan lebih dari 100 jenis hidangan, tiga saluran televisi eksklusif menyiarkan persiapan pernikahan dan mobil mewah lengkap dengan bar tersedia untuk para tamu bepergian keliling Paris. Seolah-olah tampilan kemewahan itu belum cukup, upacara-upacara lain berlangsung di istana Versailles, Chateau Vaux-le Vicomte di Jardin des Tuileries Paris dan sebagai tambahan, ada juga kembang api yang dipajang di Menara Eiffel yang megah.

Dengan penghibur kelas dunia seperti Aishwarya Rai, Akshay Kumar dan Kylie Minogue - yang dilaporkan dibayar lebih dari $500.000 (Rp7 miliar) untuk set musik selama 30 menit, pernikahan itu berlangsung selama hampir satu minggu dan telah terdaftar sebagai salah satu pernikahan termewah yang pernah ada. Pernikahan ini disinyalir menghabiskan $78 Juta (Rp1,1 triliun); mengalahkan pernikahan Pangeran Mahkota Filipe dari Spanyol dengan biaya $35 Juta.