Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Cocok untuk Vegan, Ini 3 Alternatif Madu yang Tak Kalah Manis dan Lezat

Wellness22 November 2021

By Annisa Laksmi

Cocok untuk Vegan, Ini 3 Alternatif Madu yang Tak Kalah Manis dan Lezat

Madu, yang dihasilkan oleh lebah, umumnya dianggap produk hewani dan tidak dikonsumsi oleh penganut diet vegan. Namun jangan khawatir, ada penggantinya yang bersifat nabati.


Madu sering ditambahkan diatas buah-buahan atau oatmeal sebagai topping, ataupun sebagai campuran dalam teh untuk membuatnya lebih manis. Namun jika Anda seorang vegan, madu masuk ke dalam kategori produk hewani karena proses pembuatannya yang melibatkan lebah.


Namun jangan khawatir, sebagai penggantinya, anda dapat menggunakan salah satu diantara pilihan berikut ini:
- Sirup maple
Terbuat dari getah pohon maple yang didihkan, sirup ini merupakan pengganti madu yang bagus, terutama dalam resep-resep cemilan atau kue yang tidak perlu dipanggang. Sirup maple juga dapat dikonsumsi sebagai pemanis granola, saus salad, smoothie. Sirup maple tidak sekental madu, tetapi sama manisnya. Semakin gelap warnanya, semakin kaya rasa sirupnya.

- Sirup dan pasta kurma
Sirup kurma merupakan bahan yang umum digunakan dalam masakan Timur Tengah, dan dapat digunakan untuk menambahkan rasa manis pada makanan yang dipanggang. Pasta kurma, yang lebih kental dari sirup kurma, sedikit lebih fleksibel dan dapat digunakan seperti selai. Gunakan sebagai pengganti madu saat membuat makanan panggang, saus salad atau smoothie, atau pasangkan dengan keju saat Anda menyiapkan charcuterie atau papan keju.

- Sirup gula kelapa atau coconut nectar
Sirup gula kelapa memiliki konsistensi yang mirip dengan madu. Pemanis nabati ini terbuat dari getah dari bunga pohon kelapa. Sirup gula kelapa memiliki tingkat kemanisan yang ringan, sehingga membuatnya serbaguna untuk dicampur ke dalam berbagai makanan sehari-hari Anda.