Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Cle de Peau Beaute’s ‘Power of Radiance’ 2022 Awardee, Amanda Simandjuntak

Profile21 June 2022

By Jasmine Ayunda

Cle de Peau Beaute’s ‘Power of Radiance’ 2022 Awardee, Amanda Simandjuntak

Setiap tahunnya, Cle de Peau Beaute memilih nama-nama paling berpengaruh di berbagai bidang untuk memperoleh penghargaan “Power of Radiance”. Tahun 2022 pun tak luput menjadi tahun penyelenggaraannya yang memilih sosok Amanda Simandjuntak menjadi penerima penghargaan tersebut.


Amanda Simandjuntak merupakan CEO dan co-founder dari MARKODING, sebuah organisasi nirlaba dengan misi untuk memberdayakan pemuda kurang mampu di Indonesia melalui inovasi dan teknologi. Organisasi tersebut terpilih sebagai finalis dari MIT Solve Challenge: Youth, Skills, and the Workforce of the Future dan menjadi representasi Indonesia dalam ASEAN-UNICEF Conference 21st Century Skills and Young People’s Participation yang diselenggarakan di Singapura. Amanda sendiri juga terpilih sebagai salah satu Young Societal Leaders di Singapore Summit pada tahun 2019. Sejak 2019, MARKODING menjadi mitra pelaksana UNICEF Indonesia dan telah meluncurkan 'Digital Innovation Challenge', untuk membantu remaja perempuan serta laki-laki untuk mengembangkan keterampilan abad ke-21, keterampilan digital, dan keterampilan kewirausahaan, sehingga mereka dapat menemukan solusi untuk masalah yang mempengaruhi mereka. Melalui program tahap pertama, MARKODING telah memberdayakan 482 remaja kurang mampu dari 21 sekolah juga pusat pembelajaran berbasis masyarakat di Jakarta. Program ini turut berkembang di luar Jakarta, semisal Semarang dan mampu menjangkau 5.256 remaja (55% diantaranya adalah perempuan) dari 126 sekolah di penjuru Tanah Air.

Amanda Simandjuntak dikenal sebagai wanita yang luar biasa. Seseorang yang telah mendedikasikan diri dalam hal pemberdayaan perempuan dengan memberi edukasi STEM (Science, Technology, Engineering, dan Math).

Power of Radiance sendiri merupakan komitmen filantropis untuk jangka panjang milik Cle de Peau Beaute yang juga bekerja sama dengan UNICEF sejak tahun 2019 dalam rangka mendukung program kesetaraan gender. Dengan adanya edukasi STEM dan program pemberdayaan perempuan, aspirasi Cle de Peau adalah untuk membuka potensi diri dan membentuk masa depan yang lebih cerah.

“My mission is to empower marginalized girls and women in Indonesia to become problem solvers through innovation and technology. By equipping them with twenty-first century skills, such as critical thinking, creativity, communication, collaboration and empathy, we provide them superpowers to unleash their potential and join the effort to make the world a better, fairer, and safer place” - Amanda Simandjuntak

Sebagai penerima penghargaan Power of Radiance tahun 2022 ini, Amanda akan memperoleh dana yang akan disalurkan ke ‘Digital Innovation Challenge’ untuk mendukung anak perempuan dalam pendidikan STEM dan memberi mereka peluang kerja kedepannya. Perjalanan Cle de Peau Beaute sebagai advokat pendidikan dimulai dengan mimpi untuk dunia yang lebih baik. Kekuatan untuk melepaskan inner radiance yang dapat mencapai perubahan nyata dan positif ada dalam diri setiap individu, dan melalui penghargaan "Power of Radiance" inilah, Cle de Peau Beaute berdiri bersama gadis-gadis dan wanita secara global agar mereka mampu mengubah dunia menjadi lebih baik untuk diri mereka sendiri, keluarga juga komunitas di sekelilingnya.