Share
Chef on Instagram: Mau Belajar Masak Selama Ramadan? Ikuti Akun-akun ini
Larasati Oetomo
29 April 2020

Memasuki bulan Ramadan dan melanjutkan kebijakan PSBB, Anda mungkin mulai terpikir untuk belajar masak menu berbuka dan sahur.


Selain cenderung lebih sehat dan hemat, memasak sendiri menu berbuka atau sahur di rumah merupakan aktivitas ngabuburit yang produktif bersama anggota keluarga. Beberapa chef selebriti dan hotel di Jakarta membuat konten spesial memasak menu berbuka dan sahur untuk pemula. Ikuti akun mereka dan temukan sederet tutorial memasak, mulai dari takjil hingga menu utama:

Chef William Gozali

Chef yang juga vlogger kuliner ini dikenal dengan menu sederhana, sedap, dan mudah diikuti. Bakwan sayur garing ini cocok untuk takjil di rumah:


Chef Vindex Tengker

Bekerja sama dengan Le Meredien Jakarta, chef senior ini menyajikan program memasak spesial Ramadan yang terus diperbarui di laman Instagramnya:


Chef Yuda Bustara

Chef ramah ini punya sederet menu yang dapat Anda coba di laman YouTube maupun IGTV miliknya, mulai dari yang kekinian hingga tradisional seperti sop buntut di bawah ini:

Siapa bilang masak Sop Buntut itu ribet?? Di video ini saya mau memberikan cara yang lebih urban dan simple banget untuk membuat Sop Buntut anti gagal, cocok banget untuk pemula yang sedang belajar masak dan cocok juga untuk dicoba di bulan Ramadhan ini. Happy Cooking ya! #DiRumahAja? ? 750 gram buntut sapi ? 2 liter air ? 5 butir bawang merah, iris halus ? 2 cm jahe, bakar, memarkan ? 3 cm kayu manis? 5 butir cengkeh ? 150 gram wortel, potong bulat? 2 buah tomat, potong-potong? 1/4 sendok teh pala bubuk? garam merica secukupnya? Gula secukupnya? 2 batang daun bawang, potong 1 cm? ? 1. Masukan semua bahan ke dalam rice cooker, kecuali daun bawang dan seasoning? 2. Nyalakan rice cooker dan masak 1 cycle, jika buntut kurang empuk, masak 1 cycle lagi? 3. Berikan daun bawang, gula, garam dan merica ? 4. Aduk dan sajikan? ? Selama Ramadan, kalian bisa donasi dan membantu para tenaga medis, pekerja harian dan juga sukarelawan lewat program Traktir Kebaikan dari @travelokaeats. Klik link di bio mereka untuk informasi lebih lanjut ya!? ? periode hingga Juni 2020? sistemnya nanti kalian beli paket makanan melalui Traveloka Eats. paket makanan tersebut nanti akan diberikan ke pihak yg membutuhkan? ? #TravelokaEats #Traveloka #CookingVideos #pengalamanmengenyangkan

A post shared by Yuda Bustara (@yudabustara) on


Fairmont Jakarta

Ngidam menu fancy? Chef Vito dari View Restaurant berbagi resep ala bintang 5 yang dapat Anda coba di rumah lewat program Cooking With Fairmont Jakarta


Chef Norman Ismail

Benar-benar pemula di dapur? Chef Norman Ismail punya banyak menu sederhana yang terasa “mahal” di laman Instagramnya:

. Pengen makan enak tapi males, cobain resep ini gampang banget..... . . . Bahan. . 350gr Beras. 500 gr dada ayam potong sesuai selera. 300 gr Brokoli. 450 Ml Air atau air kaldu ayam atau sayuran. 450 ml fresh milk. 200gr keju cepat leleh. 50gr Mozzarella kl mau lebih silahkan. 50gr Butter unsalted. 4 sdm tepung terigu. Garam secukupnya. 1 sdt oregano. (kalo gada ga usah) 1 sdt dried parsley.(kalo ga ada ga usah) 4 siung bawang putih cincang. 2-3 sdm perasan lemon. 2sdm olive oil. 2 sdm bombay cincang. . . . Method. . 1. Marinated ayam dgn oregano, parsley, lemon, olive oil dan garam (30menit). . 2. siapkan wadah yg tahan masuk oven, apa saja bebas boleh ramekins, loyang, claypot dll. oles dgn sedikit butter permukaannya. . 3. masukan semua bahan kedalam wadah tadi, beras, tepung, air, fresh milk, ayam yg sudah dimarinated, brokoli, aduk rata,Simpan butter diatasnya. . 4. Masukan ke dalam oven 180-190’ sekitar 30-40 menit (tergantung oven). . 5. keluarkan dari oven, aduk semua, masukan keju, garam, aduk lagi, ratakan. . 6. tabur keju lagi dan mozarella. . 7. masukan kedalam Oven lagi. . 8. Bake lagi suhu yg sama sekitar 15-20 menit. . 9. Selamat mencoba. . . #masakyuk #ayomasak #masakenak #masakdirumah #masakankekinian #resepmasakan #mamapintarmasak #mamamasak #foods #videoresepmakanan #videomasak #dirumahaja #stayathome #chefathome

A post shared by Chef Norman (@chefnormanismail) on


JW Marriott Hotel Jakarta

Executive Sous Chef Heri dari tim kuliner hotel berbagi resep Nusantara di program Cooking At JW – Ramadan Series setiap pekannya:

JW Marriott Jakarta mempersembahkan seri video memasak #CookingatJW, dengan episode 2: Cooking with Chef Heri, di mana Executive Sous Chef multi talenta kami ini memperlihatkan cara memasak resep spesial dari paket Arsik & Cipera khas Toba, yakni: Arsik Ikan. Pelajari cara memasak makanan yang lezat dari rumah Anda saat Chef Heri memperlihatkan prosesnya mulai dari persiapan bahan, metode memasak, hingga pengemasan. Nikmati menu spesial Arsik & Cipera khas Toba dari promosi #IftarToYou dan layanan #DeliverybyJW kami siap mengantarkannya ke rumah Anda. Tunggu video serial memasak kami selanjutnya, setiap hari Jumat pukul 10 pagi selama bulan Ramadhan. Untuk pemesanan, silakan hubungi 021 5798 8888 atau WhatsApp 0811 5886 111. #DeliverybyJW #IftarToYou #CookingatJW #JWCares

A post shared by JW Marriott Hotel Jakarta (@jwmarriottjkt) on