Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Cegah Penuaan Dini, Kenali Bahan Makanan yang Menjadi Sumber Kolagen Terbaik

Wellness19 December 2021

By Clara Enocensia

Cegah Penuaan Dini, Kenali Bahan Makanan yang Menjadi Sumber Kolagen Terbaik

Menjaga kesehatan dan kecantikan kulit dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan bernutrisi yang dapat meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh.


Kolagen adalah zat penting yang menjaga kecantikan kulit. Tidak hanya terkandung dalam skincare, kolagen juga dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Seperti yang kita ketahui, kesehatan dan kecantikan kulit juga dipengaruhi oleh nutrisi yang Anda konsumsi sehari-hari.

Kolagen memiliki peran yang besar dalam memulihkan jaringan tubuh yang terluka, membuat kulit tetap lentur dan kencang, membantu mengatasi tanda penuaan dini dengan mengurangi keriput dan garis halus pada kulit.

Berikut ini adalah lima makanan yang baik dikonsumsi untuk meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh.

1. Ikan

Sudah bukan rahasia lagi bahwa ikan merupakan bahan makanan yang kaya akan protein. Asam amino yang terdapat dalam protein, merupakan senyawa yang memiliki peranan penting dalam pembentukan kolagen dalam tubuh. Contohnya adalah ikan salmon. Menurut penelitian, 100 gram ikan salmon mengandung sebanyak 19,84 gram protein.

2. Kacang-kacangan

Selain ikan, sumber protein andalan yang baik bagi tubuh lainnya adalah kacang-kacangan. Tak hanya itu, berbagai jenis kacang juga kaya akan mineral copper yang menjadi komponen penting lainnya bagi tubuh untuk memproduksi kolagen. Beberapa contoh kacang yang memiliki protein tinggi adalah kacang cashew dan almond. Kacang tersebut memiliki rasa yang lezat dan nutrisi yang juga bagus untuk tubuh.

3. Bayam

Sayuran hijau memang terkenal kaya akan vitamin. Begitu pun dengan bayam, sayuran ini mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Produksi kolagen dalam tubuh akan meningkat dengan bantuan vitamin C, sehingga kulit akan tetap sehat dan terlihat awet muda.

4. Bawang Putih

Bahan masakan satu ini, terkenal dengan khasiatnya yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Siapa sangka bahwa bawang putih juga dapat meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh? Ternyata, bawang putih adalah salah satu bahan makanan yang memiliki kandungan mineral sulfur yang tinggi, di mana sulfur merupakan komponen penting yang dapat meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh.

5. Jeruk?

Kita telah mengetahui sebelumnya bahwa vitamin C merupakan komponen penting yang dapat meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Jeruk merupakan salah satu sumber terbaik untuk mendapatkan asupan vitamin C. Selain jeruk, buah-buahan seperti jambu biji dan kiwi juga kaya akan vitamin C.