Share
Tips Mendapatkan Foto Cantik di Paspor Anda yang Bertahan Selama 5 Tahun
Listya Manopo
04 November 2020

Terpampang selama 5 tahun, pastikan foto anda di paspor terlihat menarik.


Sudah menjadi momok menakutkan bagi banyak wanita ketika harus diambil fotonya untuk keperluan dokumen resmi seperti paspor, kartu identitas, visa perjalanan dan lain-lain.

Apa sebabnya? Seringkali di dalam foto untuk dokumen-dokumen tersebut kita terlihat gemuk, tidak siap dan tegang sehingga banyak yang menganggap foto paspor pasti gagal. Belum lagi tidak maksimalnya pencahayaan atau fasilitas kamera yang tersedia. Malu rasanya memperlihatkan foto paspor, padahal sering diminta oleh agen perjalanan atau teman grup seperjalanan ketika ingin bepergian, entah itu untuk memesan tiket, penginapan dan sebagainya.
Bagaimana mensiasati agar foto paspor terlihat bagus? Berikut tipsnya.

1. Pastikan Rambut Rapi

Rambut adalah bagian tubuh yang terlihat jelas di foto paspor, maka itu tatalah rambut agar terlihat rapi dan tidak acak-acakan. Untuk rambut panjang bisa dicatok atau diikat ke belakang.

2. Makeup Simpel tapi Segar

Meskipun hasil fotonya tidak besar, tetapi tidak ada salahnya kita merias wajah dengan produk makeup andalan yang tidak terlalu berat seperti bedak, foundation dan lipstik agar terlihat segar dan tidak pucat ketika difoto. Jangan terlalu banyak memakai produk yang mengkilat seperti highlighter karena akan memberikan pantulan di foto.

BACA JUGA: Tampilan “No Makeup” Makeup Saat Zoom Meeting Seharian di Rumah

3. Sembunyikan Lemak Mengganggu

Untuk wajah agar terlihat lebih tirus, kita bisa menggunakan trik contouring di bagian pipi, dagu dan dahi agar lemak di wajah bisa sedikit tertutupi. Untuk tubuh, meskipun hanya sedikit saja terlihat di foto bisa diakali dengan memakai baju warna gelap. Tidak ada salahnya juga diet sebelum hari H permohonan paspor apabila niat anda kuat.

4. Senyum

Karena senyum sudah diperbolehkan asalkan tidak memperlihatkan gigi, gunakan kesempatan ini sebaik-baiknya. Senyum tipis membantu merubah wajah Anda menjadi lebih ramah dan cantik ketika diabadikan dalam foto paspor.