Share
Cara Mudah dan Ampuh Merawat Tas Kulit Agar Tetap Awet dan Tahan Lama
Dewi Anggriani Siregar
06 June 2022

Tas berbahan kulit merupakan salah satu barang yang digandrungi oleh banyak kalangan baik wanita maupun pria. Selain cocok dipadupadankan dengan berbagai jenis outfit, tas kulit juga dapat membuat penggunanya tampak lebih elegan.


Meski begitu, merawat tas kulit memerlukan perawatan khusus agar kondisi tas tetap baik dan terjaga. Jika salah merawat, tas kulit akan mudah terkelupas, berubah warna, retak, hingga berjamur. Untuk menghindari kerusakan-kerusakan tersebut, beberapa cara ini dapat Anda lakukan untuk merawat tas kulit agar tetap awet dan tahan lama.

Bersihkan dengan Cairan Khusus

Anda dapat menggunakan lotion khusus untuk membersihkan tas kulit Anda. Membersihkan debu yang menempel pada tas memang dapat menggunakan tisu basah, disinfektan, detergen, ataupun cairan pembersih lainnya. Namun cairan-cairan tersebut justru dapat merusak tas kulit Anda jika digunakan dalam jangka waktu panjang.

Letakkan di Tempat Kering dan Sejuk

Penyimpanan tas kulit juga menjadi salah satu hal penting yang harus Anda perhatikan. Usahakan untuk selalu menyimpan tas Anda di tempat yang kering dan sejuk. Hindari paparan matahari langsung dan tempat-tempat lembab yang dapat menimbulkan pertumbuhan jamur dan perubahan warna.

Gunakan Dust Bag dan Silica Gel

Memasukkan tas kulit Anda ke dalam dust bag dapat menghindari paparan debu serta sinar matahari pada tas. Sementara itu, penggunaan silica gel juga berguna untuk menyerap kelembapan ruangan. Usahakan untuk mengganti silica gel 2-4 minggu sekali.

Hindari Menyimpan Tas Terus Menerus

Mungkin Anda pernah menyimpan tas kulit Anda dalam jangka waktu yang panjang karena merasa sayang menggunakannya. Namun justru sebaliknya, menyimpan tas terus menerus dapat menimbulkan kerusakan pada tas. Tas yang terus-menerus disimpan berpotensi rusak, berjamur, dan terkelupas. Usahakan untuk mengecek koleksi-koleksi tas Anda sesering mungkin dan menggunakannya sesekali.