Share
Cara Menyimpan Makanan dan Durasinya Bertahan di Kulkas
Annisa Laksmintari
23 February 2021

Agar tak sia-sia dan bertahan lebih lama, makanan dan bahan makanan umumnya disimpan di lemari pendingin. Namun agar makanan tidak cepat berjamur dan mengurangi rasanya, menyimpan makanan tidaklah bisa sembarangan meletakkan di dalam kulkas.
Selain itu, ada juga batas penyimpanan di dalam kulkas. Hal ini harus selalu diperhatikan agar menjaga kualitas dan rasa makanan yang kita simpan.
Dalam kulkas yang dinginnya tak lebih dari 4*C untuk menghindari pertumbuhan bakteri dan percepatan kerusakan makanan, inilah cara menyimpan dan daftar perkiraan lamanya makanan aman tersimpan di kulkas.


1. Ayam dan daging beku

Simpanlah ayam dan daging beku dalam plastik kedap udara, dan pastikan untuk digunakan dalam 3 (tiga) bulan. Ayam beku dan makanan beku lainnya aman untuk dimakan dalam jangka waktu panjang, namun akan kehilangan rasa jika semakin lama dibekukan.

2. Ayam dan daging mentah

Gunakanlah pada hari yang sama atau hari berikutnya dari Anda membeli sejak tanggal potongnya. Jika tidak, langsung bekukan agar lebih tahan lama.

3. Sisa lauk

Simpanlah sisa lauk Anda dalam plastik klip atau kontainer di dalam kulkas, dan habiskan dalam waktu 3 (tiga) hari.

4. Roti

Jika disimpan di dalam kulkas, roti akan bertahan lebih lama, namun konsumsilah dalam 2 (dua) minggu agar rasanya tetap maksimal. Jika disimpan di dalam freezer, roti akan mengering, timbul es dan bau.

5. Kopi

Kopi bubuk dan kopi dalam bentuk biji cepat menyerap kelembaban, dan juga menyerap wangi makanan lain yang disimpan didekatnya. Jika disimpan dalam kulkas, simpanlah dalam kontainer kedap udara untuk stok 1 (satu) minggu hingga 2 (dua) minggu. Jika ingin menyimpannya untuk lebih lama lagi, simpanlah di freezer, maksimal 3 (tiga) bulan.

6. Kaldu ayam atau daging

Kaldu ayam atau daging yang ingin disimpan dapat dituang ke kontainer kedap udara di dalam kulkas. Agar bertahan lebih lama, bekukan di dalam freezer dalam kontainer kedap udara yang kecil paling lama 1 (satu) bulan.

7. Cemilan seperti chips atau cookies

Jika kemasannya tidak tertutup rapat dengan sempurna, cemilan akan berkurang kelezatan dan ‘kriuk’nya. Untuk menjaga kesegaran secara optimal dan agar tetap aman dimakan, masukkan seluruh cemilan beserta kemasannya dalam plastik klip sebelum dimasukkan ke kulkas.