Share
Cara Mengendalikan Pikiran Bagi Anda yang Suka Overthinking
Shela Dhamayanti
02 February 2022

Setiap manusia memiliki pemikiran yang panjang untuk mengatasi hal yang tidak diinginkan. Ketika ada sesuatu terjadi di luar ekspektasi, pikiran menjadi terasa tidak bisa terkendali.


Overthinking kills your happiness. Pasti beberapa dari Anda pernah mendengar mengenai quotes itu. Beberapa orang memiliki kecenderungan sifat overthinking atau berpikir terlalu banyak ketika menghadapi sesuatu. Hal tersebut sebenarnya tidak buruk jika dilakukan, tetapi seperti yang Anda tau, sesuatu yang terlalu berlebihan itu tidaklah baik. Tanpa disadari, overthinking akan merusak kebahagiaan dan juga mengganggu aktivitas Anda.

Jika Anda sering merasa overthinking, Anda tidak perlu panik karena sebenarnya semua pikiran dapat Anda kendalikan. Berikut ini beberapa tips yang dapat diterapkan bagi Anda yang suka overthinking.

1. Cobalah untuk menulis kembali apa saja pikiran-pikiran buruk yang muncul. Anda dapat menuliskannya semua di atas kertas, kemudian bacalah kembali tulisan tersebut. Dengan begitu Anda akan langsung menyadari bahwa itu semua tidaklah penting untuk dipikirkan.

2. Mulailah langsung fokus ke hal-hal yang menyenangkan. Misalnya mendengar lagu kesukaan atau melakukan berbagai aktivitas yang sesuai dengan hobi Anda. Ketika Anda fokus ke hal-hal menyenangkan, semua pikiran negatif akan langsung switch ke pikiran positif.

3. Agar batin tenang, Anda juga dapat mencoba meditasi. Meditasi di ruangan yang sepi dan tenang membuat otak secara tidak langsung terfokus pada pikiran. Ketika overthinking kita ada dalam low vibration, hal tersebut menimbulkan perasaan cemas dan pikiran yang tidak jernih. Maka dari itu, Anda harus mempertahankan pikiran Anda dalam high vibration.

Itulah beberapa cara untuk mengendalikan sifat overthinking diri, semoga bermanfaat ya!

BACA JUGA: Ritual yang Perlu Anda Lakukan Saat bangun Tidur, Agar Good Mood Seharian