Share
Ritual yang Perlu Anda Lakukan Saat bangun Tidur, Agar Good Mood Seharian
Shela Dhamayanti
28 January 2022

Hidup sehat dapat dilihat dari kebiasaan yang dilakukan setiap hari. Apalagi jika Anda memiliki kebiasaan baik dari bangun tidur di waktu yang sama setiap harinya.


Pagi hari merupakan awal yang baik sebelum melakukan aktivitas. Setiap orang tentu memiliki jam masing-masing kapan harus bangun untuk melakukan aktivitas seperti biasa. Berikut hal-hal positif yang perlu Anda lakukan ketika bangun tidur setiap hari.

1. Meditasi

Meditasi merupakan salah satu cara untuk menenangkan pikiran. Lakukan kegiatan ini 5-10 menit untuk mengumpulkan energi positif sebelum melakukan aktivitas lain. Biasanya gelombang delta dihasilkan pada saat bangun tidur. Oleh karena itu hal ini sangat bagus untuk melatih teknik pernapasan agar otak lebih rileks.

2. Mengucap Syukur dan Berdoa

Ketika Anda bangun tidur, Anda harus selalu ingat dan bersyukur bahwa masih diberi kesehatan dan masih bisa bernafas. Lakukanlah kegiatan ini sebagai bentuk afirmasi kepada diri sendiri untuk mendapatkan motivasi positif sebelum aktivitas.

3. Jangan Sering Cek Ponsel

Siapa yang sering buka hp ketika bangun tidur? Jika Anda, sebaiknya Anda perlu menghentikan kebiasaan buruk itu, karena biasanya dalam 20 menit pertama, otak masih berada di gelombang delta, yang mana masih belum bisa membedakan antara mimpi dan realita. Jika ada sesuatu masalah di hp yang dapat menjadi trigger, tentu akan membuat Anda bad mood seharian.

4. Minum Air putih

Menurut penelitian, selama tidur tubuh kita akan kekurangan cairan. Maka dari itu, Anda harus minum minimal satu gelas air putih untuk menyegarkan tubuh dan otak.

5. Mencuci Muka

Mencuci muka merupakan teknik yang ampuh agar rasa kantuk hilang dan menjadi lebih segar. Setelah bangun tidur biasanya sel kulit mati menempel di wajah. Hal ini bagus untuk menjaga kesehatan kulit, karena sel kulit hidup akan lebih terlindungi.

Nah itu dia beberapa ritual yang perlu Anda lakukan ketika bangun tidur. Jangan lupa dicoba ya dan jadikan ini sebuah kebiasaan baik setiap paginya.

BACA JUGA: Hindari Kebiasaan Ini Karena Dapat Memperparah Rasa Anxiety