Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Cara Mudah Merawat Sepatu Kulit Agar Tetap Awet dan Tahan Lama

Wellness19 May 2022

By Dewi Anggriani Siregar

Cara Mudah Merawat Sepatu Kulit Agar Tetap Awet dan Tahan Lama

Memiliki sepatu kulit tentu menjadi salah satu hal yang dapat menunjang penampilan siapapun yang mengenakannya. Baik pria maupun wanita, sepatu boot dapat memberikan kesan vintage dan vibes yang berbeda bagi para penggunanya.


Selain memiliki daya tarik tersendiri, sepatu kulit asli juga cocok untuk digunakan dalam banyak occasion. Namun, sepatu berbahan kulit asli membutuhkan perawatan khusus. Meski tidak terlalu sulit, berikut ini adalah beberapa cara merawat sepatu kulit yang bisa Anda terapkan agar sepatu kulit Anda tetap awet dan tahan lama.

Bersihkan Segera

Setelah menggunakan sepatu kulit, biasakan untuk langsung membersihkannya sebelum Anda menyimpannya. Membersihkan sepatu luardalam secara rutin setiap habis dipakai dapat menghindari menempelnya bercak-bercak dan kotoran membandel serta bau tidak sedap pada sepatu.

Simpan di Tempat Kering

Anda sebaiknya menyimpan sepatu kulit Anda di tempat yang aman dari jangkauan sinar matahari dan juga lembab. Meletakkan sepatu di bawah sengatan sinar matahari langsung dapat merusak warna dan tekstur sepatu, begitupun dengan meletakkannya di tempat yang lembab.

Gunakan Kondisioner

Mengaplikasikan kondisioner kepada sepatu kulit dapat mempertahankan kualitas sepatu kulit Anda dan membuatnya lebih halus dan kenyal. Kondisioner juga dapat membantu menghindari retak pada kulit sepatu dan mempertahankan warna agar lebih tahan lama.

Semir Sepatu

Selain merawat dan mempertahankan warna sepatu kulit Anda dengan berbagai treatment di atas, memoles sepatu Anda dengan semir sepatu juga dapat membantu membuat sepatu kulit Anda tampak berkilau dan bersih.