Share
Bulan Ramadhan, Rania dan Seeforcare Lakukan Berbagai Aktivitas Sosial Melayani Masyarakat
Novita Angelina
20 April 2023

Rania Salsabila Azzahra bersama dengan komunitas seeforcare kembali melakukan berbagai aktivitas sosial melayani masyarakat di bulan Ramadhan yang penuh dengan berkah.


Remaja muda berhati mulia, Rania Salsabila Azzahra dikenal telah berpartisipasi aktif dalam komunitas penggiat sosial sejak dia masih kecil. Ia mendirikan sebuah komunitas untuk membantu dan mendukung berbagai masalah sosial, yang diberi nama seeforcare. Komunitas ini didedikasikan untuk remaja dan anak muda yang tertarik untuk membantu orang lain.

Seperti di momen Ramadhan tahun-tahun sebelumnya, kali ini Rania bersama seeforcare juga melakukan berbagai aktivitas sosial, dengan fokus membantu masyarakat sekitar. Salah satu kegiatan yang selalu rutin mereka laksanakan yaitu Jum’at Berkah. Jika setiap hari Jum’at mereka biasanya berbagi makanan, namun di momen Ramadhan acara ini dikemas dengan acara Berbuka Puasa Bersama di beberapa panti/ yayasan/ komunitas serta sekaligus memberikan santunan.

Tidak ketinggalan, mereka juga mengundang panti/ yayasan/ komunitas yang pernah seeforcare kunjungi untuk berkumpul bersama di satu lokasi dalam acara Syiar dan Syair seeforcare. Tahun ini mereka mengundang 700 anak-anak dan juga jompo untuk tampil bersama menampilkan kreasi seninya masing-masing dan juga mendengarkan tausiyah bersama.

Mereka juga memiliki program bernama incidental, yaitu mereka melaksanakan kegiatan yang idenya berasal dari para volunteer yang memang tidak terprogram khusus namun bisa dilaksanakan setiap hari sepanjang Ramadhan ini, seperti berbagi takjil gratis di jalan, sahur bersama para driver ojek online, berbagi bensin gratis, membeli jualan dari para pedagang pinggir jalan dan setiap ada orang yang beli, mereka akan gratiskan ambil 1 produk yang dia mau atau butuhkan secara free. Selain itu, masih banyak lagi kegiatan-kegiatan menarik lainnya seperti ngabuburit secara online bersama volunteer di IG seeforcare.

Walaupun harus melakukan berbagi agenda Ramadhan yang cukup padat di tengah jadwal yang cukup padat, Rania dan teman-teman seeforcare tidak merasa terbebani dengan semuanya itu. Mereka ingin sekali memanfaatkan bulan suci yang penuh berkah ini dengan melakukan banyak kebaikan. Mereka menjadikan bulan ini menjadi semacam perlombaan, yang mana mereka berkompetisi dengan diri sendiri untuk terus bergerak berbagi apa yang mereka miliki.

Oleh karena itu, Rania berbagi tugas dengan tim agar jangkauan seeforcare bisa menjadi lebih luas lagi. Mereka biasanya akan mendiskusikan terlebih dahulu di grup mengenai rencana kegiatan yang akan dilakukan. Bila memungkinkan kegiatan tersebut berjalan, maka semaksimal mungkin mereka akan melaksanakannya.

“Aku yakin dari setiap semakin banyak kita memberi dengan penuh keikhlasan, akan semakin banyak senyum dan hati yang berdoa untuk kita semua. Namun tujuan utamanya adalah dari apa yang kita lihat, kita dengar di sekitar kita, semakin ingin melatih kepedulian kita terhadap sesama,” ungkap Rania.

Rania berharap seeforcare dapat memiliki jangkauan kegiatan yang lebih luas lagi, agar lebih banyak lagi dapat membantu orang, serta semakin konsisten dan dikenal dengan 4 pilar seeforcare (Pendidikan, kesehatan, pemberdayaan ekonomi, seni dan budaya). Ia juga berharap dapat memiliki perwakilan di setiap daerah/ regional kegiatan, sehingga keberadaan seeforcare dapat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia.

Sang ibu, Ria Rusli juga mendukung penuh setiap kegiatan yang Rania lakukan bersama komunitas seeforcare. Ia selalu hadir dalam kegiatan bersama seeforcare dan melihat secara langsung serta memberikan arahan bila dibutuhkan.

“Moment Rania dapat hadir di tengah-tengah masyarakat yang mungkin sedang merasa sedih, atau mengalami kesulitan atau lainnya, dan membuat orang yang dibantu Rania dan seeforcare itu tersenyum saja, itu sangat berarti buat saya. Artinya putri saya minimal telah berhasil membanggakan saya dan juga ayahnya,” ujar sang ibunda.

Ria Rusli berharap Rania dapat tumbuh menjadi pribadi yang tidak hanya memiliki kecerdasan di bidang akademik, namun kecerdasan emosional dan sosial yang baik. Dengan memiliki karakter yang baik dan memuliakan adab dan ilmu pengetahuan, bersama seeforcare Rania dapat mengisi kesibukannya sebagai remaja, sehingga ia dapat terus tumbuh menjadi orang yang bermanfaat.

Kebaikan hati serta sifat dermawan Rania mungkin muncul dari masa kecilnya yang sering ikut kegiatan-kegiatan sosial ibu dan ayahnya. Dari situ dia melihat apa yang orang tuanya lakukan sehari-hari. Seorang anak tentu belajar dari apa yang mereka lihat, mereka dengar, karena anak-anak akan cenderung mudah untuk mencontoh dan meniru. Oleh karena itu, Ria Rusli bersyukur apabila Rania dan juga adik-adiknya berhasil mencontoh hal-hal baik dari yang ia dan suami lakukan sebagai orang tua. Walaupun mereka juga masih belajar, namun tentunya mereka ingin menjadi panutan yang baik bagi putra putrinya.