Share
Bukan Hanya Matcha, Hojicha juga Memiliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan Tubuh
Putrika Annaya Salsabila
05 December 2023

Walaupun tidak sepopuler matcha, hojicha ternyata juga memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan Anda!


Dengan aroma harum dan rasa kacang yang hangat, teh hijau panggang hojicha (juga dikenal sebagai houjicha) adalah teh populer dengan beragam manfaat untuk kesehatan.

Di Jepang, popularitas hojicha berasal dari fakta bahwa teh hijau panggang ini menenangkan dan rendah kafein. Meskipun memiliki rasa yang unik dan menyenangkan, manfaat kesehatan hojicha membuatnya menjadi bagian penting di banyak rumah.

1. Cocok untuk Sensitivitas Kafein

Hojicha 1

Sementara teh hijau sencha Jepang lainnya hanya dikukus setelah dipanen, daun teh hijau hojicha melewati langkah tambahan di mana mereka dipanggang pada suhu tinggi.

Semua teh hijau menjalani proses pengukusan untuk mencegah daun mengalami oksidasi. Ini memastikan daun teh tetap mempertahankan warna hijau alami, aroma, dan nutrisi mereka, proses kunci untuk menghasilkan teh hijau sencha.

Pemanggangan tambahan menciptakan warna hangat cokelat dan aroma panggang hojicha. Proses pemanggangan tidak memengaruhi manfaat kesehatan teh tetapi justru membakar rasa pahit dan kafein. Teh hijau panggang ini cocok diminum setelah makan atau pada malam hari.

Hojicha juga menjadi favorit anak-anak dan lansia yang cenderung sensitif terhadap kafein.

2. Meredakan Hari-hari Penuh Stres di Kantor atau di Rumah

Hojicha 2

Seperti banyak teh hijau lainnya, seperti genmaicha, hojicha memberikan rasa relaksasi, membantu kesehatan fisik dan mental.

Sementara kehangatan dan aroma gurih menenangkan, keberadaan L-Theanine yang ada dalam hojicha berkontribusi pada efek relaksasi. L-Theanine adalah asam amino yang ada dalam teh hijau yang dapat meredakan gejala stres, depresi, dan kecemasan.

3. Menjaga Kulit Tetap Cerah dan Awet Muda

Hojicha 3

Vitamin C yang terkandung dalam teh hijau panggang hojicha bekerja untuk mencerahkan bintik hitam pada kulit yang disebabkan oleh bekas jerawat dan juga untuk memperbaiki kerusakan kulit.

Selain itu, vitamin C juga dapat memudarkan bintik hitam yang disebabkan oleh usia, serta mencegah keriput dan mengembalikan elastisitas kulit yang hilang seiring waktu.

4. Melawan Flu dan Mempertahankan Sistem Kekebalan Tubuh yang Kuat

Hojicha 5

Teh hijau Jepang dikenal dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Polifenol yang terkandung dalam teh hijau memiliki sifat antivirus yang membantu membunuh bakteri.

Teh hijau panggang hojicha juga mengandung vitamin (Vitamin A, C, dan E) yang dikenal dapat melawan flu biasa, mengatur sistem kekebalan tubuh, mencegah penyakit skorbut, dan bahkan membalikkan efek dari sistem kekebalan tubuh yang terganggu.

5. Mendukung Jantung yang Bahagia dan Sehat

Hojicha 6

Manfaat teh hijau panggang hojicha sangat banyak berkat senyawa-senyawa yang ada secara alami dalam teh yang membuat tubuh bahagia dan sehat, termasuk sistem peredaran darah Anda.

Seperti halnya gyokuro, katekin dalam teh hijau membantu mengatur tekanan darah dan kolesterol. Ini mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, stroke, dan peradangan pada arteri utama.

Tetapi itu belum semuanya–teh hijau juga mengandung vitamin E, komponen penting yang membantu mencegah pembekuan darah.

6. Meningkatkan Metabolisme Sambil Membantu Pencernaan

Hojicha 4

Katekin yang ditemukan dalam teh hijau panggang hojicha meningkatkan metabolisme tubuh, mempromosikan penurunan berat badan dan meningkatkan penggunaan kalori tubuh, menyebabkan pembakaran lemak.

Teh hijau panggang hojicha juga merupakan teh yang sangat baik untuk mempromosikan pencernaan yang baik. Dengan serat lebih banyak daripada teh lainnya, hojicha dapat menjaga usus Anda tetap sehat sambil mengurangi penyerapan lemak tubuh.

7. Melindungi Gigi

Hojicha 7

Seperti halnya teh hijau gyokuro yang tumbuh di bayangan, hojicha juga dikenal membantu meningkatkan kesehatan mulut berkat polifenol yang terkandung dalam daunnya.

Antioksidan EGCG, yang ada di semua teh hijau, membantu mencegah gigi berlubang dan bau mulut. Polifenol dalam teh hijau mengurangi kemungkinan terjadinya gingivitis dan penyakit gusi.

8. Meredakan dan Mencegah Nyeri Pembengkakan Akibat Artritis

Hojicha 8

Polyfenol yang sama yang mencegah penyakit gusi peradangan juga dapat membantu mereka yang menderita nyeri dan sakit akibat arthritis. Teh hijau panggang hojicha tidak hanya mengurangi peradangan pada sendi, tetapi juga mencegah kerusakan lebih lanjut pada sendi tersebut.