Share
Bukan Hanya Louvre, Ini 4 Museum Indah yang Harus Dikunjungi di Paris
Putrika Annaya Salsabila
02 August 2023

Jika mendengar kata “Paris” dan “Museum”, mungkin satu hal yang langsung muncul di kepala Anda adalah Louvre. Namun, tahukah Anda bahwa terdapat banyak museum lain di Paris yang tidak kalah indah?


Tidak ada yang salah dengan Louvre. Bahkan, museum tersebut adalah museum yang paling banyak dikunjungi dan terbesar di dunia. Jutaan pengunjung tiap tahunnya membuat Louvre selalu sibuk dengan antrean yang selalu panjang.

Namun, jika Anda sudah mengunjungi Louvre, lalu apa?

Jangan khawatir karena Paris dipenuhi dengan museum-museum yang tidak kalah cantik dan unik dibanding Louvre. Simak empat museum indah di Paris yang harus Anda kunjungi!

1. Petit Palais

Petit Palais, Paris

Seperti namanya, Petit Palais adalah “adik” dari Grand Palais. Tapi jangan tertipu, bangunannya masih sangat megah. Dirancang oleh Charles Girault untuk Pameran Dunia tahun 1900, bangunan ini menjadi museum pada tahun 1902.

Kemegahan arsitekturnya mencerminkan rasa hormat kepada seni dan kota Paris, yang awalnya menampung mural dan pahatan dekoratif.

Selain itu, akses masuk ke koleksi permanen gratis sehingga banyak pengunjung datang untuk menikmati ketenangan dan sinar matahari di taman.

2. Musée Jacquemart-André

Jacquemart-Andre, Paris

Museum yang dimiliki oleh Institut de France ini menyajikan koleksi seni yang layak dijadikan museum besar di mansion Second Empire yang megah. Seringkali dibandingkan dengan Frick Collection di New York, Jacquemart-André mempertahankan suasana mansionnya yang membuatnya menjadi museum unik di Paris.

Dengan mengunjungi museum ini, pengunjung dapat melihat ruang tamu abad ke-19, ruang seremonial, tangga monumental, taman musim dingin, apartemen pribadi, dan masih banyak lagi.

3. The Rodin Museum

Rodin Museum, Paris

Hanya butuh dua puluh menit berjalan kaki dari keramaian Menara Eiffel, The Rodin Museum berlokasi di rumah klasik abad ke-18 bernama Hôtel Biron, terletak di belakang Les Invalides di 7th Arrondissement.

Terdiri dari dua lantai yang berwarna krem, museum ini menghadap ke halaman rumput tanah pedesaan seluas tujuh hektar, taman mawar, dan deretan pohon yang dipangkas sempurna dengan pahatan oleh Rodin.

Walaupun banyak yang menganggap taman di museum ini sebagai bintang pertunjukan, tapi ruang interior yang baru saja direnovasi juga tidak kalah indah.

Jendela besar yang membentang dari lantai ke langit-langit dan membanjiri kamar dengan cahaya menampilkan secara sempurna patung-patung Rodin yang telah dipugar, barang antik, dan lukisan dari koleksi pribadinya.

4. Carnavalet Museum

Carnavalet Museum, Paris

Carnavalet adalah museum kota tertua yang menceritakan kisah Paris dari zaman dulu hingga hari ini dengan koleksinya yang bervariatif dan besar.

Meskipun pada dasarnya adalah museum sejarah, Carnavalet tetap menjadi galeri seni yang memamerkan sebagian besar karya asli. Dengan sekitar 600.000 pameran yang tersebar di lebih dari seratus kamar, Carnavalet menampung koleksi keseluruhan terbesar di kota Paris.

Ada berbagai macam pameran: mulai dari sisa-sisa arkeologi hingga pemandangan Paris di masa lalu, model skala monumen kuno, rambu jalan, elemen dekoratif dari bangunan yang telah hilang, adegan sejarah atau anekdotal, potret tokoh Paris terkemuka, kenang-kenangan dari tokoh terkenal atau penggambaran kehidupan sehari-hari, serta koleksi unik yang dikhususkan untuk masa revolusi.