Bukan Hal Aneh, Berbicara dengan Diri Sendiri Punya Banyak Manfaat!

Wellness01 February 2021

By Rahayu Indah

Bukan Hal Aneh, Berbicara dengan Diri Sendiri Punya Banyak Manfaat!

Melihat seseorang berbicara dengan diri sendiri mungkin menjadi hal yang tidak wajar bagi Anda. Namun, penelitian justru membuktikan hal yang lain, karena berbicara dengan diri sendiri memiliki banyak manfaat untuk kehidupan.


Apakah Anda pernah melihat seseorang berbicara dengan dirinya sendiri? Atau mungkin Anda juga pernah melakukannya? Bagi sebagian orang, berbicara dengan diri sendiri mungkin adalah hal yang aneh atau tidak wajar dilakukan. Padahal, berbicara dengan diri sendiri bukanlah sesuatu hal yang buruk.

Terdapat studi yang dilakukan oleh Gary Lupyan dan Daniel Swingley yang menyatakan berbicara dengan diri sendiri apalagi dengan suara yang keras memiliki manfaat. Pada dasarnya, dengan melakukan self-talk Anda akan memberi isyarat pada sistem yang ada pada diri sendiri untuk melakukan kinerja yang baik.

Berbicara dengan diri sendiri memiliki banyak manfaat baik bagi diri sendiri. Berikut manfaat yang bisa Anda rasakan jika Anda termasuk orang yang cukup sering berbicara dengan diri sendiri:

1. Mengontrol Pikiran

Seorang psikoterapis menyatakan bahwa mengungkapkan apa yang ada di pikiran kepada diri sendiri akan membantu seseorang menjadi lebih kritis. Selain itu, Anda juga dapat mengontrol stress dan kecemasan. Cobalah untuk membicarakan hal-hal yang positif dan memotivasi.

2. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Setelah Anda mulai kritis dan menghilangkan rasa stress dan kecemasan, Anda akan merasa percaya diri untuk menjalankan kehidupan-kehidupan kedepannya. Anda juga perlu mengapresiasi diri Anda dengan menggunakan kata-kata yang positif, sehingga tingkat kepercayaan diri Anda akan meningkat dengan baik.

3. Meningkatakan Daya Ingat

Pada penelitian Gary Lupyan dan Daniel Swingley mengklaim bahwa berbicara dengan diri sendiri akan meningkatkan daya ingat. Hal tersebut akan merangsang daya ingat otak, sehingga otak dapat lebih mudah mengingat sesuatu.

4. Menimbulkan Perasaan Bahagia

Ketika seseorang berdialog dengan dirinya sendiri dan mengucapkan kata-kata positif, hal tersebut akan mengeluarkan endorphin dan membuat dirinya menjadi semangat. Perasaan bahagia tersebut akan berdampak pada produktivitas Anda, dan bahkan dapat membantu Anda menyelesaikan masalah karena pikiran yang tenang dan semangat.