Wisata Karavan, Alternatif Berlibur di Kala Pandemi yang Aman dan Nyaman

Travel07 September 2020

By Listya Manopo

Wisata Karavan, Alternatif Berlibur di Kala Pandemi yang Aman dan Nyaman

Bukan rahasia lagi bahwa perjalanan darat menjadi salah alternatif perjalanan yang aman dan menyenangkan untuk dilakukan bersama seluruh keluarga di kala pandemi. Mengapa tidak mencoba jenis moda transportasi baru di Indonesia seperti karavan?


Sebagian dari Anda mungkin terpikir atau berencana untuk melakukan perjalanan darat bersama teman atau keluarga dengan nyaman dan tidak membosankan di masa pandemi corona saat ini. Karavan dapat menjadi salah satu pilihan apik dalam menemani kita berlibur bersama.

Karavan pada dasarnya adalah salah satu kendaraan darat yang juga dapat Anda gunakan untuk tidur dan tinggal dengan nyaman. Di berbagai negara lain, karavan telah menjadi salah satu cara terpercaya untuk bepergian sejak akhir 1800-an, baik bagi turis dengan bujet minim maupun pelancong mewah.

Salah satu keuntungan terbesar berpergian dengan karavan yaitu seperti memberikan sensasi mengemudi di dalam rumah Anda sendiri. Pengalaman ini bagaikan sebuah rumah berjalan yang menyediakan apapun yang Anda maupun keluarga butuhkan. Anda bebas untuk menentukan kemana akan melangkah tanpa perlu takut terpapar keramaian yang berisiko.

Ketika berwisata menggunakan karavan, Anda tidak perlu khawatir tentang membayar kamar hotel, layanan kamar, ataupun makanan karena semuanya sudah tersedia di Karavan. Anda bebas untuk menginap di manapun Anda mau dan makan apa saja Anda mau.

Anda bebas menjelajahi lokasi mana pun yang Anda inginkan, bahkan di tempat terpencil sekalipun. Ketika menemukan sebuah spot yang menarik atau instagram-able, yang perlu Anda lakukan hanyalah menepi, mengeluarkan perlengkapan piknik, dan mulai menikmati keindahan alam sesungguhnya.

Anda dapat melakukan apapun yang Anda inginkan, di mana dan kapan saja, seperti mendaki gunung, berenang di pantai, atau sekadar menyaksikan matahari terbenam yang indah di tebing batu. Anda dapat mengatur liburan Anda seperti yang Anda inginkan tanpa terkendala oleh jadwal tur ataupun peraturan lainnya.

Selain itu, jenis perjalanan ini akan sangat cocok bagi keluarga dengan anak kecil, karena anak-anak akan dapat beristirahat dengan nyaman di jalan, sehingga mereka akan lebih menikmati liburan daripada jika mereka bepergian dengan bus. Anak-anak akan dapat bermain dan bersantai dengan olahraga dan aktivitas favorit mereka. Selain itu, Anda juga dapat mengajak hewan peliharaan untuk turut serta berlibur bersama.

Dengan penyimpanan bagasi yang luas, Anda dapat menyimpan berbagai bahan makanan atau cemilan sehingga Anda dan keluarga tidak akan kelaparan di jalan ataupun ketika berada di tengah hutan atau gunung. Mobil karavan biasanya diperlengkapi dengan kulkas dan dapur kecil di dalamnya.

Terlebih selama masa pandemi ini, Anda dan keluarga tetap dapat keluar rumah dan menikmati liburan Anda dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Dengan mengendarai karavan, Anda akan mengurangi kontak langsung dengan orang lain.

Saat ini di Indonesia sudah banyak terdapat perusahaan desain interior mobil dalam negeri yang menyediakan mobil karavan atau menyediakan jasa untuk mendekor interior mobil karavan. Atau jika belum punya, Anda dapat menyewa mobil karavan di beberapa tempat di Jakarta atau beberapa kota besar di Indonesia.