Share
Bersemi dalam Kreativitas di Art Jakarta Gardens 2024
Trisha Aulia
05 April 2024

Art Jakarta Gardens akan kembali digelar di Hutan Kota by Plataran dari 23 - 28 April 2024. Dalam edisi ketiganya, ajang pameran seni tersohor ini menggandeng 23 galeri seni terkemuka dari Indonesia yang akan memamerkan karya seni terbaik mereka.


Bersiaplah untuk menyambut Art Jakarta Gardens 2024! Acara pekan seni ini kembali hadir untuk tahun ketiga sejak inisiasinya, siap memukau para pencinta seni mulai tanggal 23 hingga 28 April 2024 di tengah rimbunnya Hutan Kota by Plataran.

Art Jakarta Gardens 2024 3

Digagas pada tahun 2022 di tengah situasi pandemi, Art Jakarta Gardens telah berkembang menjadi ajang seni tahunan yang dinanti-nantikan, berkat dukungan dan antusiasme besar dari komunitas seni rupa. Menyasar pendekatan inovatif dalam menyajikan seni, Art Jakarta Gardens tahun ini menjanjikan keunikan yang lebih istimewa seiring meluasnya perhatian publik.

Tahun ini, Art Jakarta Gardens akan menghadirkan 23 galeri terkemuka dari berbagai kota di Indonesia, mulai dari Jakarta, Bandung, Jogjakarta, hingga Bali. Menggandeng 23 galeri seni, Art Jakarta Gardens menjanjikan pengalaman seni yang lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya.

Tidak sampai situ saja, Art Jakarta Gardens 2024 juga menghadirkan kembali program unggulan Sculpture Garden, memamerkan sebanyak 30 karya patung dari para seniman piawai lintas generasi. Dari maestro patung Indonesia seperti G. Sidharta, Nyoman Nuarta yang termasyhur, hingga seniman muda dengan eksperimen kreatif seperti Dian Hardiansyah, Sculpture Garden menghadirkan perpaduan harmonis antara seni dan alam.

Art Jakarta Gardens 2024 2

“Edisi ketiga Art Jakarta Gardens tahun ini sungguh menggembirakan bagi kami, penyelenggara. Galeri yang ikut serta tetap antusias dan bersemangat, menghadirkan karya-karya terbaru dari para perupa yang mereka wakili. Demikian juga dengan para rekanan, yang bekerja sama dengan perupa untuk menyajikan instalasi khusus. Ditambah lagi dengan acara musik dan seni performans. Art Jakarta Gardens telah makin jelas karakternya sebagai acara apresiasi seni rupa yang khas, memperkaya ragam acara seni dan hiburan bagi warga kota Jakarta,” komentar Enin Supriyanto, Artistic Director.

Tom Tandio, Fair Director, menambahkan, “Kami harap Art Jakarta Gardens dapat berkontribusi pada peluang bagi anak muda untuk mengenal dan lebih mengapresiasi seni. Di Art Jakarta Gardens, generasi muda bisa mengenal seni di lingkungan yang tidak terlalu formal, bahkan mulai belajar mengoleksi. Kami juga mendorong lebih banyak perusahaan untuk bekerja sama dengan seniman Indonesia, baik di Art Jakarta Gardens ataupun proyek seni lainnya. Kami harap ini akan menghasilkan dukungan lebih kuat bagi ekosistem seni rupa.”

Art Jakarta Gardens 2024

Menampilkan ragam karya seni dalam dan luar ruang yang luas, Art Jakarta Gardens mengundang masyarakat untuk merasakan bagaimana seni dapat mentransformasi lingkungannya dan membangkitkannya ke tataran lebih tinggi. Pengunjung akan berkesempatan untuk menyesapi dunia kreativitas, menjelajahi kekayaan ekspresi artistik dengan latar oasis di tengah Jakarta, di mana Hutan Kota by Plataran akan bertransformasi menjadi galeri ruang terbuka yang dinamis.

Hari pertama Art Jakarta Gardens akan dibuka untuk pengunjung VIP sementara masyarakat umum akan disambut mulai pada hari Rabu, 24 April 2024. Dengan dukungan hangat dari berbagai sektor, Art Jakarta Gardens dengan bangga menyajikan kolaborasi mengagumkan dari para Mitra dan seniman tahun ini dalam Special Presentations termasuk Bibit x Erwin Windu Pranata, Treasury x Naufal Abshar, Xiaomi x Davy Linggar, iForte x Tomy Hersata, dan Roca x this/PLAY.

Art Jakarta Gardens tak akan lengkap tanpa program publiknya, yang terdiri atas seni performans yang membukakan mata, dibawakan oleh seniman multidisipliner Monica Hapsari dan kawan-kawan, serta sajian musik istimewa, “RURUradio Lounge”, yang dikurasi dan dikelola oleh RURUradio dengan dukungan Bakti Budaya Djarum Foundation. “RURUradio Lounge” akan menyiarkan playlist pilihan selama pekan seni berlangsung dan memanggungkan musik live pada akhir minggu tanggal 27 dan 28 April 2024. Antara lain akan hadir White Shoes and the Couples Company, Prontaxan, Keroncong Musyawarah, Rani Jambak, Lair, Lorjhu’, dan Oomleoberkaraoke.

Tiket sudah tersedia daring mulai dari Selasa, 2 April 2024. Mari bergabung dalam perjalanan seni Indonesia yang menyegarkan! Sampai jumpa di Hutan Kota by Plataran!