Berisiko Idap Alzheimer, Chris Hemsworth Berencana Rehat dari Dunia Akting
Dewi Anggriani Siregar
23 November 2022

Kabar kurang menyenangkan datang dari pemeran Thor, Chris Hemsworth. Pasalnya, aktor berusia 39 tahun tersebut didiagnosis berisiko mengidap Alzheimer.


Hal tersebut ia ungkapkan secara langsung dalam 'Limitless with Chris Hemsworth' serial National Geographic barunya. Chris Hemsworth mengatakan bahwa dirinya memiliki kecenderungan tinggi untuk mengidap penyakit Alzheimer. Fakta itu ia ketahui setelah melakukan serangkaian tes genetik untuk keperluan series dokumenter terbarunya.

Alzheimer sendiri merupakan suatu penyakit progresif yang menghancurkan memori dan fungsi mental penting lainnya. Koneksi sel otak dan sel-sel sendiri merosot dan mati, akhirnya menghancurkan memori dan fungsi mental penting lainnya. Gejala utama dari Alzheimer adalah hilang ingatan dan kebingungan. Alzheimer dapat disebabkan oleh banyak faktor seperti genetika, riwayat keturunan, maupun usia.

Diketahui bahwa pihak medis yang menangani Chris Hemsworth mengungkapkan jika suami dari Elsa Pataky ini memiliki risiko 8-10 kali lebih besar mengidap Alzheimer dibanding orang lain. Gen tersebut diturunkan dari sang kakek yang memiliki riwayat penyakit serupa.

Diagnosa tersebut pun pada akhirnya menjadi pertimbangan besar bagi Chris Hemsworth untuk hiatus dari dunia perfilman dan fokus melakukan penanganganan guna pencegahan penyakit Alzheimer. Kakak dari Liam Hemsworth tersebut berencana untuk segera menyelesaikan promo filmnya dan segera beristirahat serta menghabiskan waktu bersama istri dan anak-anaknya.