Berbeda dari Danau Kawah Lainnya, Apa Saja Keunikan Lain Danau Kelimutu?

Travel13 August 2021

By Rambu Moara

Berbeda dari Danau Kawah Lainnya, Apa Saja Keunikan Lain Danau Kelimutu?

Danau Kelimutu menjadi salah satu danau kawah terunik karena memiliki 3 kawah dengan warna yang berbeda-beda.


Indonesia memiliki banyak tempat wisata indah namun belum banyak diketahui oleh masyarakat luas. Salah satunya adalah Danau Kelimutu yang berada di Desa Pemo, Kelimutu, Ende, Flores. Secara etimologi, kata ‘Kelimutu’ datang dari kata ‘Keli’ yang berarti gunung, dan ‘Mutu’ yaitu mendidih.

Apa yang menjadi keunikan dari tempat ini adalah terdapat tiga danau kawah yang memiliki nama dan arti tersendiri bagi warga suku Lio sebagai penduduk setempat. Danau pertama yang berwarna biru dinamakan ‘Tiwu Nuwa Muri Koo Fai’. Danau kedua berwarna biru tosca dinamakan ‘Tiwu Ata Mbupu’. Danau terakhri yang berwarna merah dinamakan ‘Tiwu Ata Polo’.

Suku Lio mengatakan bahwa danau ‘Tiwu Nuwa Muri Koo Fai’ didiami oleh arwah muda yang semasa hidupnya melakukan kebaikan. Sedangkan danau Tiwu Ata Mbupu didiami oleh arwah tua yang semasa hidup melakukan kebaikan. Sementara Tiwu Ata Polo merupakan tempat berkumpulnya arwah yang selama ia hidup selalu melakukan kejahatan/tenung.

Seperti yang sempat disinggung, ketiga danau ini memiliki warna berbeda dan akan berganti warna setiap saat. Mengapa dapat berubah warna? Ada pakar yang mengatakan perubahan ini karena perubahan komposisi material dalam danau, tetapi ada juga yang mengatakan perubahan itu terjadi karena pantulan sinar matahari.

Suku Lio percaya bahwa ‘arwah yang mendiami’ danaulah yang menyebabkan perubahan warna. Untuk itu, jika terjadi perubahan warna, mereka akan melaksanakan ritual pemberian sesajen di Danau Kelimutu.

Terlepas dari sekian banyak kisah menarik di balik danau ini, pengunjung setuju bahwa Danau Kelimutu menjadi tempat terbaik jika kita ingin melihat sunrise ataupun sunset. Cahaya mahatari akan memantul ke permukaan danau dan membuat warna ketiga danau tersebut menjadi lebih cantik.

Meskipun saat ini masih pandemi dan akses berkunjung ditutup, tetapi Anda bisa menambahkan Danau Kelimutu ke wishlist traveling Anda. Tunggu hingga pandemi selesai untuk berkunjung ya!