Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Berbahan Dasar Green Tea, Inilah Perbedaan Antara Hojicha Dengan Matcha

Wine & Dine21 March 2022

By Vina Meliana

Berbahan Dasar Green Tea, Inilah Perbedaan Antara Hojicha Dengan Matcha

Memiliki bahan dasar yang sama yaitu green tea, membuat banyak orang kesulitan untuk membedakan antara matcha dengan hojicha.


Green tea merupakan salah satu jenis teh yang diolah untuk menjadi minuman yang menghangatkan dan sangat enak untuk dikonsumsi sehari-hari. Berasal dari daun teh asli, membuat jenis teh ini memberikan banyak beragam manfaat ketika Anda menyeduh dan meminumnya.

Kepopuleran green tea membuat minuman ini bermutasi menjadi banyak jenis dengan rasa yang disesuaikan dengan lidah banyak orang. Seperti minuman matcha dan hojicha yang sama-sama berbahan dasar green tea asli namun diolah dengan cara yang berbeda.

Proses Pengolahan

Matcha yang menciptakan rasa creamy dan legit ini melalui proses pengolahan daun teh yang dikeringkan sampai menjadi bubuk green tea. Setelah itu, bubuk green tea diaduk dengan air panas yang menciptakan tekstur yang kental. Berbeda dengan matcha, hojicha melalui proses tahapan pemanggangan yang dilakukan dengan api sumbu tinggi hingga daun green tea tersebut terlihat kecoklatan.

Segi Rasa

Dari segi rasa yang ditawarkan, kedua minuman ini memiliki rasa khasnya yang berbeda karena proses yang dilakukan juga berbeda. Matcha identik dengan rasa yang creamy dan sedikit agak pahit di lidah. Sedangkan hojicha akan memberikan rasa roasted dari daun teh karena hasil pemanggangan daun teh yang memberikan cita rasa sedikit manis dan gurih.

Kandungan Kafein

Walaupun berbahan dasar green tea yang sama, namun kafein yang dihasilkan oleh kedua minuman ini berbeda. Kadar kafein yang dihasilkan oleh hojicha lebih rendah daripada matcha. Manfaat dari kandungan kafein yang ada matcha dapat membuat Anda lebih semangat dalam melakukan aktifitas sedangkan hojicha dapat memberikan relaksasi dalam sekali seruputan.

Manfaat

Kedua minuman berbahan dasar teh hijau ini tentunya memiliki beragam manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Matcha dinilai sebagai minuman rendah kalori yang cocok untuk yang sedang menjalani diet dan juga dikenal sebagai antioksidan alami. Sedangkan hojicha memiliki kandungan vitamin C yang dinilai dapat mencerahkan dan mengatasi kerusakan pada kulit wajah.