Share
Beragam Rujak Khas dari Beberapa Daerah Indonesia dengan Rasa yang Lezat
Clara Enocensia
16 March 2022

Salah satu makanan Indonesia yang dikenal dan banyak dijumpai adalah rujak. Hadir di setiap daerah di seluruh Indonesia, beragam jenis rujak tersebut memiliki cita rasa yang khas.


Selain memiliki pesona alam yang mengagumkan, Indonesia juga memiliki beraneka ragam kuliner yang unik dan lezat. Dari satu daerah ke daerah lain, para wisatawan dapat menemukan cita rasa dan sajian yang berbeda-beda.

Salah satunya adalah rujak, sajian salad buah yang satu ini hadir di setiap daerah seluruh Indonesia dengan keunikannya masing-masing. Mari simak deretan rujak autentik dari berbagai daerah di tanah air yang wajib Anda coba saat berkunjung.

1. Rujak Kuah Pindang - Bali

Rujak ini terbuat dari beberapa buah-buahan segar yang hampir mirip dengan rujak manis atau rujak gula, seperti mangga, bengkuang, pepaya, nanas, kedondong, mentimun, belimbing, dan lain-lain.

Namun, yang membedakannya dengan rujak biasa adalah kuah kaldu yang terbuat dari ikan, garam, terasi, dan cabai. Semua bahan pelengkap itu digiling sampai lembut dan menjadi kaldu. Ketika pembuatan rujak ini tidak diberikan air lagi karena akan dicampur kuah pindang tersebut.

2. Rujak U Groh Aceh - Aceh

Rujak yang satu ini berbeda dengan rujak yang lain. Terbuat dari batok kelapa muda yang dikerik dan dicuci, kemudian dicampurkan dengan bumbu rujak dan diberi perasan air jeruk nipis. Sangat lezat dinikmati kala cuaca yang sedang terik.

3. Rujak Es Krim - Yogyakarta

Rujak ini terdiri dari buah-buahan yang diserut, kemudian diberi bumbu dan di atasnya diberi es puter. Buah-buahan yang dipakai di dalam rujak adalah nanas, bengkoang, mangga, kedondong, jambu air, ketimun, dan daging buah jeruk bali.

4. Rujak Gobet Malang

Rujak khas Malang ini terdiri dari berbagai macam buah-buahan, seperti kedondong, bengkoang, mangga muda, nanas, mentimun, ubi jalar, dan jeruk bali, yang diparut dan direndam dalam kuah pedas, manis, dan gurih.