Beragam Minuman yang Bantu Tidur Lebih Nyenyak dan Menjadi Solusi Insomnia
Clara Enocensia
03 April 2022

Berikut minuman yang dapat bantu tidur lebih nyenyak dan cepat terlelap, solusi bagi penderita insomnia.


Tidur cukup merupakan salah satu komponen utama untuk membantu menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Kurang tidur dapat memiliki efek merugikan yang luas pada otak dan seluruh metabolisme. Dengan gaya hidup modern seperti saat ini, stres dan faktor lainnya, diketahui telah memengaruhi kualitas tidur dan istirahat yang dialami oleh banyak orang.

Mengingat obat tidur dapat menimbulkan efek samping dan tidak boleh Anda minum dalam jangka panjang. Salah satu cara untuk mengatasi susah tidur adalah memilih minuman yang dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak di malam hari. Mari simak ulasan berikut.

1. Teh chamomile

Teh chamomile digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi insomnia. Ini karena tanaman ini memiliki sifat yang hampir sama dengan obat penenang yang bisa memicu tidur.

Penelitian menunjukkan bahwa teh chamomile mengandung antioksidan apigenin yang melimpah. Antioksidan ini mampu mengikat reseptor spesifik pada otak yang bisa mengurangi kecemasan.

2. Jus cherry

Ceri kaya akan hormon melatonin yang bisa memicu ngantuk secara alami. Jus ceri memiliki sifat yang mampu merangsang tubuh untuk tidur, minuman ini mampu membantu tidur lebih nyenyak.

3. Susu Almond

Susu almond dari kacang-kacangan mengandung serat, vitamin, dan mineral cukup tinggi untuk memenuhi nutrisi tubuh. Selain itu, violet oil dalam kacang almond kerap digunakan dalam pengobatan tradisional di Iran untuk mengatasi insomnia.

Hasil studi menyatakan, orang-orang yang mengonsumsi 10 butir kacang almond setiap hari bisa menurunkan insomnia hingga 8,4 persen.