Mengenal Beragam Jenis Tapas, Camilan Khas Spanyol yang Menjadi Budaya

Wine & Dine08 October 2020

By Jodie Suherman

Mengenal Beragam Jenis Tapas, Camilan Khas Spanyol yang Menjadi Budaya

Tapas adalah sebuah istilah atau budaya Spanyol yang berarti beragam jenis makanan yang disajikan dalam porsi kecil.


Spanyol, punya gaya makan yang berbeda, yaitu tapas. Bar di Spanyol biasanya menyajikan tapas bersamaan dengan bir atau wine. Pada dasarnya tapas diberikan gratis jika kita memesan bir, namun di jaman modern ada beberapa jenis tapas yang bisa kita pesan.

Tapas sendiri merupakan gaya makan yang harus dicoba jika sudah sampai di Spanyol. Beberapa bar menyajikan tapas secara biasa, tetapi ada juga yang mulai bereksperimen sehingga harganya bisa mahal. Harga normal tapas adalah 2-3 euro. Bar yang menyediakan tapas biasa buka pada pukul 13.00-16.00 dan 20.00-24.00. Bagi yang ingin mencicipi tapas yang lebih modern, bisa kunjungi daerah Andalusia, seperti Sevilla. Namun, buat yang suka tapas gratis dengan porsi yang lumayan. Bisa kunjungi kota Granada, surganya tapas gratis.

Berikut ini beberapa jenis tapas yang patut dicoba jika kita berlibur ke negeri matador tersebut.

Jamón Iberico

Bisa juga disebut Iberian Ham. Seperti pada pengertian dahulunya, tapas hanyanya potongan roti atau daging yang disajikan bersama wine atau beer. Jamón Iberico ini biasanya hanya irisan daging ham yang diberi garam. Tidak cocok bagi Anda yang muslim, karena daging berasal dari babi Iberia hitam.

Ensaladilla

Ensaladilla Rusa atau Russian Salad terbuat dari salad kentang yang ditambah mayonise dan potongan tuna atau udang. Ini merupakan tapas favorit yang umum ada di banyak bar.

Chipirones

Adalah menu tapas lain yang menggunakan seafood. Chipirones yang berarti cumi-cumi dalam bahasa Spanyol. Biasa dimasak di atas wajan bersama dengan bawang bombai, bawang putih, cabai, serta white wine dan minyak zaitun.

Salmorejo

Tapas ini sejenis Gazpacho, namun memiliki tekstur yang lebih kental. Karena bahan dasarnya terdiri dari tomat dan roti. Salmorejo yang terdiri dari beragam jenis, seperti traditional salmorejo, sweet corn salmorejo dan beet fruit salmorejo biasa disajikan dingin untuk saus dari biskuit.